ANALISIS ISI PESAN DI LINE OFFICIAL ACCOUNT @JOGJA24JAM SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF INFORMASI PUBLIK PERIODE 1 DESEMBER 2015 – 31 JANUARI 2016

SIANA PILIYANG, APRILIANI (2016) ANALISIS ISI PESAN DI LINE OFFICIAL ACCOUNT @JOGJA24JAM SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF INFORMASI PUBLIK PERIODE 1 DESEMBER 2015 – 31 JANUARI 2016. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

Perkembangan internet sebagai new media (the second media age) menandai periode baru dimana teknologi interaktif dan komunikasi jaringan khususnya dunia maya akan mengubah masyarakat. Hal tersebut menuntut para pengusaha media untuk ikut berinovasi dan mengikuti perkembangan teknologi. Line merupakan yang saat ini mampu mendapatkan tempat di masyarakat. Line@ (line official account) merupakan salah satu fitur yang memungkinkan penggunanya untuk membuat sebuah akun bagi bisnis yang dimiliki dan beberapa media juga memanfaatkan line official account untuk memberikan informasi mengenai berita, tips atau hal-hal yang menarik lainnya. Akun @jogja24jam menjadi salah satu line official account yang ada untuk memberikan informasi. Line official account @jogja24jam ini memberikan berbagai macam informasi seputar kota Yogyakarta seperti berita dan promosi atau iklan bahkan juga memberikan informasi yang terjadi di ranah nasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui isi pesan Line Official Account @jogja24jam pada periode 1 Desember 2015 – 31 Januari 2016.Metode penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif dengan jenis Analisis Isi. Populasi dalam penelitian ini adalah pesan Line Official Account @jogja24jam periode 1 Desember 2015 – 31 Januari 2016. Teknik pengumpulan data melalui data primer yang yang diperoleh peneliti langsung dari postingan Line Official Account @jogja24jam pada bulan Desember 2015 - Januari 2016. Hasil penelitian diperoleh Line Official Account @jogja24jam pada periode 1 Desember 2015 – 31 Januari 2016 pada unit analisis isi media sebagian besar pesan berita dalam kategori straight news dan iklan sebagian besar merupakan iklan pengumuman (pemberitahuan). Topik berita sebagian besar lain-lain, sifat isi pesan adalah informasi, bentuk berita bersifat visual yaitu foto dan caption. Pada unit analisis lingkup informasi dan postingan merupakan informasi lokal dan pada unit analisis feedback (respon) yang diberikan oleh penerima pesan adalah dibagian, dilike dan diberikan komentar oleh penerima pesan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 15 Nov 2016 03:21
Last Modified: 15 Nov 2016 03:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8757

Actions (login required)

View Item View Item