DIVERSIFIKASI PRODUK BATIK PADA BISNIS STRAP GITAR DAN BASS MEREK IRO DESIGNED

Heppy Hutomi, Kelvin (2015) DIVERSIFIKASI PRODUK BATIK PADA BISNIS STRAP GITAR DAN BASS MEREK IRO DESIGNED. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Abstraksi.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Gitar merupakan salah satu produk alat musik yang paling laku dijual. Pada penggunaanya gitar selalu dilengkapi dengan strap agar gitar dapat dipakai secara maksimal. Selama ini strap yang ada hanya berupa motif polos tribal yang tidak mencerminkan budaya bangsa Indonesia. Dengan keinginan melestarikan budaya dan peluang bisnis yang besar, penulis ingin memasukan ciri khas budaya Indonesia yaitu batik dengan membuat strap gitar dan bass bermotifkan batik. Ide tersebut tertuang secara jelas dalam bisnis plan dengan judul “Diversifikasi Produk Batik Pada Bisnis Strap Gitar dan Bass Merek IRO designed”. Bisnis ini dilaksanakan di Kabupaten Sleman tepatnya di jalan Kapten Haryadi no.9b Iropaten, Triharjo, Sleman. Bahan utama yang digunakan adalah kain batik, bahan strap, stopper, holder, dan vinyil. Dibutuhkan 2 mesin jahit untuk menjahit vinyil dan menjahit kain karena mesin jahit biasa tidak mempan digunakan untuk menjahit vinyil. Selama 2,5 bulan implementasi, IRO designed berhasil memproduksi 127 strap. Dari 127 strap yang berhasil diproduksi, 54 strap berhasil terjual. Sebagian besar penjualan didapat melalui penjualan langsung dengan media online sebagai sarana informasi utama IRO designed. Forum jualbeli Kaskus mencatat ada sekitar 4000 pengunjung pada halaman iklan IRO designed. Hal itu menunjukan sikap ketertarikan yang tinggi pada produk IRO designed tetapi dengan jumlah penjualan yang hanya 54 strap dapat diperkirakan produk yang ditawarkan IRO designed belum mampu memnuhi kebutuhan dari 4000 pengunjung tersebut. Pada sektor produksi, jumlah produk yang dihasilkan jauh dari perencanaan membuat laba yang diperoleh IRO designed kurang maksimal. Walaupun hubungan jumlah produksi dan jumlah penjualan tidak selalu positif tetapi jika stock produk tercukupi maka penulis akan terus mencari cara mempromosikan produk tersebut. Maka dari itu rencana selanjutnya penulis akan meningkatkan jumlah produksi dengan varian yang lebih beragam agar produk IRO designed dapat diterima oleh seluruh lapisan musisi tanah air. Selain itu, pemasaran pada era global ini membuat penulis ingin memasarkan produknya ke luar negeri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 08 Nov 2016 04:43
Last Modified: 08 Nov 2016 04:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8547

Actions (login required)

View Item View Item