Rahmawati, Siti (2016) PENGARUH KONFLIK, STRESS KERJA DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN ( Studi pada karyawan PT. Kedai Digital Corporate di Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (143kB) | Preview |
Abstract
(X
1
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh Konflik
,), Stress Kerja (X
2
) dan Dukungan Sosial (X
) secara simultan dan parsial
Terhadap Kepuasan Kerja (Y) Karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengkaji dan menganalisis ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara Konflik
(X
1
), Stress Kerja (X
2
), dan Dukungan Sosial (X
3
3
) Terhadap Kepuasan Kerja (Y)
karyawan secara simultan dan parsial.
Tipe penelitian ini adalah eksplanatori research yaitu penelitian untuk
mengetahui Pengaruh Konflik, Stress Kerja , dan Dukungan Sosial Terhadap
Kepuasan Kerja Karyawan pada PT. Kedai Digital Corporate di Yogyakarta.
Pengambilan sampel dilakukan dengan berdasarkan komposisi jumlah karyawan
tetap tiap bagian yang ada pada PT. Kedai Digital di Yogyakarta. Pengambilan
sampel penelitian ini sejumlah 42 responden. Alat analisis data menggunakan
regresi berganda dan korelasi.
Berdasarkan hasil uji validitas indikator menghasilkan r hitung diatas = 0,3
dinyatakan valid. Berdasarkan hasil uji realibilitas untuk semua variabel
dinyatakan realibel karena cronbach’s alpha lebih besar dari 0,6. Pengujian linier
berganda terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan dari variabel konflik
(X
1
), stress kerja (X
2
), dan dukungan sosial (X
) terhadap kepuasan kerja (Y). Hal
ini dibuktikan dengan nilai F
hitung
>F
tabel
3
(26,695>2,8517).
Selain itu Terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial variabel
konflik (X
1
) hal ini ditunjukkan dengan -t
hitung
lebih kecil dari -t
(-2,911<2,0244),
kemudian
variabel
stress
kerja
(X
2
) yang menunjukkan -t
lebih kecil
dari –t
tabel
(-3,313 < -2,0244), dan variabel dukungan sosial (X
) yang
menunjukkan t
hitung
lebih besar dari t
(2,495 > 2,0244) yang berpengaruh
terhadap kepuasan kerja karyawan PT. Kedai Digital Yogyakarta (Y).
tabel
tabel
hitung
Saran dari penelitian ini adalah manajemen perusahaan sebaiknya
mengelola SDM tidak terlepas dari faktor yang mmpengaruhi kepuasan kerja,
dimana perusahaan menetapkan upah dan memberikan tunjangan atau bonus
sesuai dengan kebutuhan karyawan. Selain itu, perusahaan membuat buku
panduan yang berisi job desk karyawan dan memberikan bekal berupa pelatihan
yang dapat meningkatkan soft skill.
Kata Kunci : Konflik, Stress Kerja, Dukungan Sosial, dan Kepuasan Kerja
3
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 20 Oct 2016 03:16 |
Last Modified: | 20 Oct 2016 03:16 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7843 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |