EVALUASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI STRATEGI PERUSAHAAN (Studi Pada Program Peduli Bencana Merapi 2010 PT. Telekomunikasi Indonesia)

Puguh Santosa, Lukas (2014) EVALUASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI STRATEGI PERUSAHAAN (Studi Pada Program Peduli Bencana Merapi 2010 PT. Telekomunikasi Indonesia). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ringkasan.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Program Telkom Peduli Bencana Merapi 2010 sudah terlaksana sesuai dengan tujuan perusahaan. PT. Telekomunikasi Indonesia memiliki visi CSR sebagai pelopor dalam penerapan tanggung jawab sosial di Asia. Dengan visi demikian tentu saja PT. Telekomunikasi Indonesia harus benar-benar serius dalam penerapan program-program CSR-nya. Berdasarkan tujuan tersebut maka penelitian ini dilakukan dengan cara mengevaluasi program CSR Peduli Merapi yang dilaksanakan oleh PT. Telekomunikasi Indonesia di Desa Umbulharho, Kecamatan Cangkringan. Menggunakan Evaluasi Model Provus untuk melaksanakan evaluasi program tersebut. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif, maka penelitian ini menggunakan teknik sampling yang bersifat purposive. Informan yang digunakan adalah Kepala Community Development Center Kantor Telkom Pusat, Kepala Community Development Center Kantor Telkom Area dan warga Desa Umbulharjo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan pedoman wawancara. Uji keabsahan dalam penelitian ini dengan menggunakan trianggulasi sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa program Telkom Peduli Bencana Merapi sebagai strategi perusahaan berjalan sesuai tujuan dan rencana yang telah dibuat perusahaann, namun masih belum optimal karena terdapat keluhan atas program yang diberikan oleh perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan untuk kedepannya PT. Telekomunikasi Indonesia mampu memilih pihak ketiga yang tepat untuk mempercayakan program CSR perusahaan kepada pihak ketiga tersebut, serta melakukan monitoring pada implementasi program yang dilaksanakan oleh pihak ketiga dan juga melakukan evaluasi pada setiap program yang dilaksanakan, baik program yang bersifat profit orientied maupun yang bersifat sukarela. Kata Kunci : Evaluasi, CSR, Strategi Perusahaan, PT. Telekomunikasi Indones

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 19 Oct 2016 04:40
Last Modified: 19 Oct 2016 04:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7810

Actions (login required)

View Item View Item