POLA KOMUNIKASI BELAJAR MENGAJAR ANTARA USTADZ DAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN PUTRA PERSATUAN ISLAM (PERSIS) BANGIL, PASURUAN, JAWA TIMUR

Guswandi, Vebri (2016) POLA KOMUNIKASI BELAJAR MENGAJAR ANTARA USTADZ DAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN PUTRA PERSATUAN ISLAM (PERSIS) BANGIL, PASURUAN, JAWA TIMUR. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER POLA KOMUNIKASI BELAJAR MENGAJAR ANTARA USTADZ DAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN PUTRA PERSATU.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK1.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi antara ustadz-santri dalam proses belajar mengajar, metode belajar mengajar yang digunakan oleh ustadz dalam menghadapi hambatan serta upaya mengatasi kendala dalam proses belajar mengajar, dan mengetahui strategi maupun peranan ustadz dalam proses belajar mengajar, baik di dalam ruang kelas atau di asrama Pondok Pesantren Putra Persatuan Islam (PERSIS) Bangil Pasuruan, Jawa Timur. Subjek penelitian ini adalah ustadz dan santri di Pondok Pesantren Putra Persatuan Islam (PERSIS) Bangil, Pasuruan, Jawa Timur. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan pengamatan, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik pengumpulan data dengan metode interview (wawancara), metode observasi (pengamatan), studi kepustakaan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan cara memberikan makna atau menstransformasikan data ke dalam bentuk-bentuk narasi yang kemudian mengarah pada proposisi ilmiah yang akhirnya sampai kepada kesimpulan-kesimpulan final. Hasil dari penelitian ini adalah pola komunikasi yang digunakan dalam proses belajar mengajar yaitu pola komunikasi satu arah, dua arah, dan multi arah. Metode mengajar yang digunakan oleh ustadz yaitu metode mengajar menggunakan model ceramah, menggunakan model diskusi, dan menggunakan model tanya jawab. Strategi dan peran ustadz dalam proses belajar mengajar yaitu dengan menyediakan waktu berbicara secara pribadi, menghargai anak didik, mengerti anak didik, mempertahankan hubungan. Kata kunci : pola komunikasi, pesantren, ustadz dan santri

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 07 Oct 2016 07:16
Last Modified: 07 Oct 2016 07:16
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7437

Actions (login required)

View Item View Item