PENGEMBANGAN SUSTAINABILITY INDEX UNTUK INSTITUSI PENDIDIKAN

Satrio Nugroho, Adi (2015) PENGEMBANGAN SUSTAINABILITY INDEX UNTUK INSTITUSI PENDIDIKAN. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Pembangunan berkelanjutan merupakan isu yang banyak dibahas di berbagai
negara. Penelitian mengenai pembangunan berkelanjutan khususnya di dunia pendidikan
sudah banyak dilakukan. Penelitian hanya sebatas menganalisis faktor-faktor yang
berpengaruh terhadap pembangunan berkelanjutan, belum secara spesifik mengukur
keberlanjutan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan indeks yang akan
digunakan untuk mengukur keberlanjutan di sebuah institusi pendidikan, khususnya
perguruan tinggi.
Pengembangan indeks menggunakan konsep dasar produktivitas. Input dan output
yang akan digunakan dalam pengukuran mengakomodir tiga pilar keberlanjutan yaitu
sosial, ekonomi, dan lingkungan. Parameter yang digunakan mengacu pada Badan
Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), dan Times Higher Education sebagai
lembaga yang biasa menilai sebuah institusi pendidikan.
Hasil pengembangan yang dilakukan menggunakan konsep dasar produktivitas
yang mengakomodir tiga pilar keberlanjutan dalam parameter yang akan diukur. Hasil
pengembangan indeks kemudian diujicobakan pada Prodi Ilmu Komunikasi UPN
“Veteran” Yogyakarta. Ujicoba indeks adalah sebagai bentuk validasi dari
pengembangan yang sudah dilakukan. Hasil pengukuran dari pengembangan indeks
yang dilakukan adalah sebesar 0,17.
Kata kunci: pembangunan berkelanjutan, indeks, institusi pendidikan

Sustainable developement is an issue that widely discussed in many countries. A
lof of preliminary research has been done, especially for education area. The research
was limited to analyze the factor that influence to sustainable development, not
specifically measure about sustainability. The aim of this research is to develop an index
that will be used to measure sustainability in an edcational institution, especially higher
education.
Index developed by using productivity concept. Input and output that will be used
in the measurement, accommodate the three pillars of sustainable development, social,
economic, and environmental. The parameters used refer to Badan Akreditasi Nasional
Peguruan Tinggi (BAN-PT), and Times Higher Education as an ordinary institution to
assesess an educational instituion.
The results of this reseacrh is index accomodates the three pillars of sustainable
development using productivity concept. Then tested in Program Studi Ilmu Komunikasi
UPN “Veteran” Yogyakarta. Trial index as a part of validation of index. The results
indicate that value from index is 0.17.
Keywords: Susutainable development, index, educational institution

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: T Technology > TS Manufactures
Divisions: x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 24 Aug 2016 07:51
Last Modified: 24 Aug 2016 07:51
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/5682

Actions (login required)

View Item View Item