PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI (Studi pada Akun Instagram @bakpiapia)

Prima Santi, Mayrina (2016) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI (Studi pada Akun Instagram @bakpiapia). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Memasuki era digital banyak cara dilakukan untuk berpromosi,seperti dengan menggunakan fasilitas jejaring sosial. Penelitian ini menyorot Instagram sebagai salah satu jejaring sosial yang banyak digunakan di masyarakat untuk mempromosikan produk. BakpiaPia Djogja merupakan salah satu produsen bakpia yang ada di Yogyakarta. Akun Instagram @bakpiapia dibuat sejak awal tahun 2015. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media sosial Instagram sebagai media promosi bakpia. Penelitian ini menggunakan teori new media karena Instagram merupakan bagian dari media digital dalam media baru. Menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menghasilkan data berupa kata-kata, kalimat, atau narasi yang diperoleh dari hasil wawancara, studi pustaka dan dokumentasi akun Instagram @bakpiapia. Informan terdiri dari pemilik BakpiaPia Djogja, dua followers sekaligus konsumen dari BakpiaPia Djogja, dan pengamat media sosial. Hasil penelitian ini menunjukan, bahwa alasan BakpiaPia Djogja menggunakan media sosial Instagram sebagai media promosi produk, karena media sosial Instagram tengah menjadi tren dikalangan anak muda. Selain itu, Instagram memiliki fitur yang dapat membagikan foto ke berbagai jejaring sosial lainnya. Bentuk promosi yang dilakukan BakpiaPia Djogja melalui Instagram yaitu dengan mengadakan kuis, menggunakan tanda hashtag (#), reward program berupa cashback, dan endorsement ke akun foodies. Beragam konten pendukung promosi BakpiaPia Djogja di Instagram, seperti mengunggah foto produk bakpia menggunakan caption yang memotivasi followers serta ikut juga menyemarakan momen-momen perayaan dengan mengunggah foto yang berkaitan pada momen perayaan tersebut. Kata kunci : Promosi, Instagram, @bakpiapia

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 13 Jul 2016 07:33
Last Modified: 18 Jul 2016 03:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/4731

Actions (login required)

View Item View Item