Hengki Saputra, . (2025) EVALUASI PROGRAM PROMOSI KAWASAN CAGAR BUDAYA KOTABARU MELALUI EVENT: STUDI PADA DINAS PARIWISATA KOTA YOGYAKARTA. Tesis thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN YOGYAKARTA.
|
Text
1_Tesis full_253232004_Hengki Saputra.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
|
Text
2_Cover_253232004_Hengki Saputra.pdf Download (95kB) |
|
|
Text
3_Abstrak_253232004_Hengki Saputra.pdf Download (200kB) |
|
|
Text
4_Halaman Pengesahan_253232004_Hengki Saputra.pdf Download (184kB) |
|
|
Text
5_Daftar Isi_253232004_Hengki Saputra.pdf Download (184kB) |
|
|
Text
6_Daftar Pustaka_253232004_Hengki Saputra.pdf Download (172kB) |
Abstract
Penelitian ini mengevaluasi program promosi kawasan cagar budaya Kotabaru, Yogyakarta yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta melalui berbagai event. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis efektivitas promosi dalam memperkenalkan Kotabaru sebagai destinasi urban heritage dan menemukan model evaluasi yang mendukung pemerataan kunjungan wisatawan dari kawasan pusat seperti Malioboro. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggabungkan promotion mix dengan kerangka Integrated Marketing Communication (IMC) dan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process and Product). Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan analisis diidentifikasi melalui empat program utama Tour de Kotabaru, Kotabaru Ceria, JESICA (Jogja enjoy musik asik) dan Angkringan Kotabaru. Hambatan utama yang ditemui adalah keterbatasan anggaran dan jangkauan promosi yang masih bergantung pada kolaborasi. Studi ini menghasilkan sebuah kerangka evaluasi terintegrasi. Aspek Context menekankan pada peneguhan brand heritage dan segmentasi audiens. Input berfokus pada pembentukan task force dan kolaborasi dengan komunitas dan UMKM. Process menilai pengelolaan kanal promosi, storytelling dan kalender event. Sementara, Product (Hasil) mengukur peningkatan kesadaran, kunjungan wisata dan dampak ekonomi. Penelitian ini memberikan kontribusi kajian ilmu komunikasi dalam promosi pariwisata berbasis cagar budaya. Rekomendasi strategis yang disarankan seperti penyeragaman pesan edukatif heritage pada semua promosi event, penguatan kemitraan media, optimalisasi kanal digital dan penggunaan dashboard terpadu untuk memastikan transparansi dan keberlanjutan program promosi.
Kata kunci: IMC, CIPP, event promosi, heritage tourism, cagar budaya, kotabaru Yogyakarta.
| Item Type: | Tugas Akhir (Tesis) |
|---|---|
| Additional Information: | Hengki Saputra (Penulis-253232004): Puji Lestari (Pembimbing 1) Prayudi (Pembimbing 2) |
| Uncontrolled Keywords: | IMC, CIPP, event promosi, heritage tourism, cagar budaya, kotabaru Yogyakarta. |
| Subjek: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S2) Magister Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Bayu Pambudi |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 01:30 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 01:30 |
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/46070 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
