NOVRINDA SALMA ADYANI, - (2025) ANALISIS DAN PEMODELAN PROSES BISNIS PEMENUHAN PESANAN PADA PT. PIA JUWARA SATOE MENGGUNAKAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT (BPI). Skripsi thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN YOGYAKARTA.
|
Text
1_Cover_124200011.pdf Download (224kB) |
|
|
Text
2_Abstrak_124200011.pdf Download (155kB) |
|
|
Text
3_Halaman Pengesahan_124200011.pdf Download (414kB) |
|
|
Text
4_Daftar Isi_124200011.pdf Download (242kB) |
|
|
Text
5_Daftar Pustaka_124200011.pdf Download (212kB) |
|
|
Text
6_Skripsi Full_124200011.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Setiap perusahaan berupaya meningkatkan kualitas kinerja dan produktivitasnya dengan menerapkan proses bisnis yang efektif dan efisien. PT. Pia Juwara Satoe merupakan perusahaan pengolahan di industri bakpia dengan 25 outlet di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Berdasarkan observasi dan wawancara langsung dengan PT. Pia Juwara Satoe, proses pemenuhan pesanan masih mengalami sejumlah kendala, seperti keterlambatan produksi, kesalahan input data, dan koordinasi antar pemangku kepentingan yang kurang efektif. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan memperbaiki proses pemenuhan pesanan di PT. Pia Juwara Satoe dengan menggunakan metode Business Process Improvement (BPI). Proses bisnis tersebut kemudian dimodelkan menggunakan Business Process Modeling and Notation (BPMN) dan disimulasikan menggunakan Bizagi Modeler.
Tahapan penelitian meliputi observasi, wawancara, identifikasi masalah, pemodelan proses bisnis saat ini (as is), penerapan alat perbaikan, dan pemodelan proses bisnis rekomendasi (to be). Dari keempat proses utama yang teridentifikasi, proses produksi produk ditetapkan sebagai prioritas perbaikan. Penerapan metode BPI dilakukan dengan tiga jenis streamlining, yaitu Automation pada 3 aktivitas, dan Bureaucracy Elimination pada 12 aktivitas. Perbaikan tersebut menunjukkan peningkatan efisiensi yang signifikan melalui penghapusan tugas manual, integrasi data antar departemen, dan penyederhanaan alur kerja. Berdasarkan hasil simulasi time analysis di Bizagi Modeler, durasi proses bisnis produksi produk sebelum perbaikan (as is) adalah 1 hari 22 jam 15 menit, sedangkan setelah perbaikan (to be) menjadi 1 hari 4 jam 27 menit, dengan selisih waktu 17 jam 48 menit atau peningkatan efisiensi sebesar 38,48%. Penelitian ini membuktikan bahwa penerapan metode Business Process Improvement (BPI) dapat memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan efisiensi dan efektivitas proses bisnis, sehingga mendukung peningkatan kinerja
dan kualitas layanan PT. Pia Juwara Satoe.
Kata kunci: Business Process Improvement, BPMN, Bizagi Modeler, Proses Bisnis, PT. Pia Juwara Satoe.
| Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information: | NOVRINDA SALMA ADYANI (Penulis - 124200011); DYAH AYU IRAWATI (Pembimbing) |
| Uncontrolled Keywords: | Business Process Improvement, BPMN, Bizagi Modeler, Proses Bisnis, PT. Pia Juwara Satoe. |
| Subjek: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Fakultas Teknik Industri > (S1) Sistem Informasi |
| Depositing User: | Bayu Pambudi |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 01:15 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 01:15 |
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/45991 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
