Storytelling dan Kreativitas Visual Alchemist Fragrance Dalam Membangun Koneksi Emosional Audiens (Analisis Semiotika: Studi Pada Film Home Garden)

Aisyah, Hazimatul (2025) Storytelling dan Kreativitas Visual Alchemist Fragrance Dalam Membangun Koneksi Emosional Audiens (Analisis Semiotika: Studi Pada Film Home Garden). Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak_153210172_Hazimatul Aisyah.pdf] Text
Abstrak_153210172_Hazimatul Aisyah.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of Cover_153210172_Hazimatul Aisyah.pdf] Text
Cover_153210172_Hazimatul Aisyah.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of Daftar Isi_153210172_Hazimatul Aisyah.pdf] Text
Daftar Isi_153210172_Hazimatul Aisyah.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_153210172_Hazimatul Aisyah.pdf] Text
Daftar Pustaka_153210172_Hazimatul Aisyah.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_153210172_Hazimatul Aisyah.pdf] Text
Lembar Pengesahan_153210172_Hazimatul Aisyah.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of Skripsi Fulltext_153210172_Hazimatul Aisyah.pdf] Text
Skripsi Fulltext_153210172_Hazimatul Aisyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Alchemist Fragrance
membangun koneksi emosional dengan audiens melalui storytelling dan kreativitas
visual dalam film yang berjudul Home Garden. Dalam era pemasaran saat ini,
pendekatan naratif dan estetika visual menjadi strategi penting dalam
menyampaikan nilai dan identitas merek. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika Ferdinand de Saussure untuk
mengungkap signifier dan signified dari elemen-elemen naratif dan visual yang
ditampilkan dalam film.
Hasil analisis menunjukkan bahwa meskipun film Home Garden tidak
menampilkan produk parfum secara eksplisit, melainkan menyelipkannya dalam
alur cerita yang personal tentang perubahan diri, keberanian untuk keluar dari zona
nyaman, serta pencarian makna akan rumah atau tempat pulang. Kreativitas visual
dihadirkan melalui simbolisasi warna, bahasa tubuh, penggunaan setting latar, dan
detail sinematik lainnya yang memperkuat koneksi emosional audiens terhadap alur
cerita. Pendekatan ini membentuk kedekatan emosional antara karakter dengan
audiens, serta meninggalkan impresi yang mendalam terhadap nilai dan pesan yang
ingin disampaikan brand, meski tanpa menampilkan produk secara langsung.
Kata kunci: storytelling, kreativitas visual, koneksi emosional, semiotika, home
garden, alchemist fragrance

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: storytelling, kreativitas visual, koneksi emosional, semiotika, home garden, alchemist fragrance
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Komunikasi
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 01 Dec 2025 03:11
Last Modified: 01 Dec 2025 03:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/45905

Actions (login required)

View Item View Item