SENSORY MARKETING DALAM EVENT PEKAN BUDAYA TIONGHOA YOGYAKARTA: STUDI KUALITATIF PADA PENGALAMAN PENGUNJUNG

Tsabita, Duhita Diptyarani (2025) SENSORY MARKETING DALAM EVENT PEKAN BUDAYA TIONGHOA YOGYAKARTA: STUDI KUALITATIF PADA PENGALAMAN PENGUNJUNG. Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_153210048_Duhita Diptyarani Tsabita.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_153210048_Duhita Diptyarani Tsabita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 2. Cover_153210048_Duhita Diptyarani Tsabita.pdf] Text
2. Cover_153210048_Duhita Diptyarani Tsabita.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_153210048_Duhita Diptyarani Tsabita.pdf] Text
3. Abstrak_153210048_Duhita Diptyarani Tsabita.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_153210048_Duhita Diptyarani Tsabita.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_153210048_Duhita Diptyarani Tsabita.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_153210048_Duhita Diptyarani Tsabita.pdf] Text
5. Daftar Isi_153210048_Duhita Diptyarani Tsabita.pdf

Download (238kB)

Abstract

ABSTRAK
Perkembangan event sebagai media hiburan dan ekspresi budaya semakin
meningkat di berbagai daerah, termasuk Kota Yogyakarta. Pekan Budaya Tionghoa
Yogyakarta merupakan event representasi budaya Tionghoa dalam rangka perayaan
Cap Go Meh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengalaman
pengunjung dalam merespons sensory marketing di event Pekan Budaya Tionghoa
Yogyakarta. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan
fenomenologi. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sensory
marketing, cultural event, pengalaman event, dan pengalaman pengunjung. Teknik
pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara mendalam dengan pengunjung
berdasarkan kriteria tertentu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman
sensorik dalam cultural event mampu memperkenalkan budaya, membangun
branding, minat beli, dan mendorong loyalitas pengunjung. Sensory marketing
menjadi strategi efektif untuk meningkatkan pengalaman pengunjung yang
interaktif melalui pengalaman kelima panca indra.
Kata kunci: Sensory Marketing, Cultural Event, Pengalaman Pengunjung
xii
ABSTRACT
The development of events as a medium of entertainment and cultural expression is
increasing in various regions, including the city of Yogyakarta. Pekan Budaya
Tionghoa Yogyakarta is an event representing Chinese culture in the context of the
Cap Go Meh celebration. This study aims to determine how visitor experiences
respond to sensory marketing at the Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta event. The
method used is a qualitative method with a phenomenological approach. The
concepts used in this study are sensory marketing, cultural events, event
experiences, and visitor experiences. Data collection techniques use in-depth
interviews with visitors based on certain criteria. The results of this study indicate
that sensory experiences in cultural events are able to introduce culture, build
branding, purchase interest, and encourage visitor loyalty. Sensory marketing is an
effective strategy to improve interactive visitor experiences through the experience
of the five senses.
Keywords: Sensory Marketing, Cultural Event, Visitor Experience
xiii

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Komunikasi
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 28 Nov 2025 02:58
Last Modified: 28 Nov 2025 02:58
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/45885

Actions (login required)

View Item View Item