ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KERIPIK SARI KENTANG PADA UMKM Q-TOZ DI KABUPATEN MAGELANG

Anida, El Vira Wahyu (2025) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KERIPIK SARI KENTANG PADA UMKM Q-TOZ DI KABUPATEN MAGELANG. Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 2. Cover_135210072_EL VIRA WAHYU ANIDA.pdf] Text
2. Cover_135210072_EL VIRA WAHYU ANIDA.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_135210072_EL VIRA WAHYU ANIDA.pdf] Text
3. Abstrak_135210072_EL VIRA WAHYU ANIDA.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_135210072_EL VIRA WAHYU ANIDA.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_135210072_EL VIRA WAHYU ANIDA.pdf

Download (715kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_135210072_EL VIRA WAHYU ANIDA.pdf] Text
5. Daftar Isi_135210072_EL VIRA WAHYU ANIDA.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_135210072_EL VIRA WAHYU ANIDA_SKRIPSI_ANALISIS KELAYAKAN PENGEMBANGAN USAHA PADA UMKM Q-TOZ, KABUPATEN ~1.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_135210072_EL VIRA WAHYU ANIDA_SKRIPSI_ANALISIS KELAYAKAN PENGEMBANGAN USAHA PADA UMKM Q-TOZ, KABUPATEN ~1.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 1. Fulltext_135210072_EL VIRA WAHYU ANIDA.pdf] Text
1. Fulltext_135210072_EL VIRA WAHYU ANIDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengidentifikasi faktor internal dan faktor
eksternal yang mempengaruhi pengembangan usaha pada UMKM Q-Toz, 2)
Menganalisis berbagai strategi alternatif untuk pengembangan usaha pada UMKM
Q-Toz, 3) Menentukan strategi prioritas yang sesuai untuk pengembangan usaha
pada UMKM Q-Toz. Metode penelitian ini, yakni pendekatan kuantitatif dengan
jenis penelitian studi kasus. Metode pengambilan responden dengan metode
purposive sebanyak 4 responden. Jenis data yang digunakan yakni data primer dan
sekunder. Sumber data yang digunakan yakni kuantitatif dan kualitatif. Metode
pengambilan data dengan observasi, wawancara, kuesioner, dan grup diskusi.
Teknik analisis menggunakan matriks IFE, matriks EFE, Matriks IE, SWOT, dan
QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Faktor internal UMKM Q-Toz
adalah kekuatan berupa manajemen persediaan bahan baku yang efisien dan
terkendali serta kelemahan berupa kegiatan promosi produk yang kurang berjalan
dan kemasan produk yang belum menarik. Faktor eksternal UMKM Q-Toz adalah
peluang berupa bahan baku yang mudah untuk ditemukan, semakin meningkatnya
permintaan produk camilan, dan budaya memberikan buah tangan pada hari-hari
besar serta ancaman berupa harga bahan baku yang cenderung meningkat. 2)
Strategi alternatif yang mampu dipergunakan untuk pengembangan usaha UMKM
Q-Toz adalah pengembangan varian produk dan peningkatan skala produksi
melalui penambahan mesin berspesifikasi lebih tinggi serta penguatan kemitraan
dan perluasan pemasaran dengan mengoptimalkan promosi secara digital. 3)
Strategi yang paling baik dilaksanakan untuk pengembangan usaha UMKM Q-Toz
adalah pengembangan varian produk dan peningkatan skala produksi melalui
penambahan mesin berspesifikasi lebih tinggi.
Kata kunci: Strategi Pengembangan Usaha, Matriks IE, Analisis SWOT, QSPM

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: El Vira Wahyu Anida (Penulis-135210072) ; Ni Made Suyastiri Yani Permai (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan Usaha, Matriks IE, Analisis SWOT, QSPM
Subjek: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > (S1) Agribisnis
Depositing User: A.Md Eko Suprapti
Date Deposited: 25 Nov 2025 06:26
Last Modified: 25 Nov 2025 06:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/45795

Actions (login required)

View Item View Item