Ramadhani, Annisa Nurasya (2025) IKLAN MENYESATKAN DALAM PROMOSI SKINCARE OLEH INFLUENCER: STUDI SEMIOTIKA TERHADAP KLAIM “PRODUK LOKAL” DI MEDIA SOSIAL. Skripsi thesis, UPN "Veteran"Yogyakarta.
|
Text
2. COVER_153210128_Annisa Nurasya Ramadhani.pdf Download (171kB) |
|
|
Text
5. ABSTRAK_153210128_Annisa Nurasya Ramadhani.pdf Download (213kB) |
|
|
Text
3. PENGESAHAN_153210128_Annisa Nurasya Ramadhani.pdf Download (201kB) |
|
|
Text
4. DAFTAR ISI_153210128_Annisa Nurasya Ramadhani.pdf Download (132kB) |
|
|
Text
6. DAFTAR PUSTAKA_153210128_Annisa Nurasya Ramadhani.pdf Download (193kB) |
|
|
Text
1. SKRIPSI FULL_153210128_Annisa Nurasya Ramadhani.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya penggunaan narasi “produk lokal”
dalam promosi brand skincare di media sosial yang sebenarnya tidak berasal dari
Indonesia, khususnya melalui influencer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana narasi “produk lokal” dibentuk oleh influencer melalui elemen verbal
dalam konten promosi brand skincare Skintific, The Originote, dan Glad2Glow di
media sosial berdasarkan studi semiotika Roland Barthes. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika Roland
Barthes untuk mengungkap makna denotatif, konotatif, dan mitos dari kata-kata
yang digunakan oleh influencer. Objek penelitian ini adalah enam konten video
promosi dari akun influencer makro dan mega di platform Tiktok. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa klaim “produk lokal” pada konten promosi skincare dibangun
terutama melalui tanda verbal, yang pada denotasi menekankan harga murah dan
target pasar remaja, serta pada konotasi diasosiasikan dengan kebanggaan,
keterjangkauan, dan kualitas setara brand global. Tanda verbal ini membentuk
mitos produk lokal murah, berkualitas, membanggakan, dan sesuai kebutuhan,
meskipun kenyataannya ketiga brand tersebut bukan brand lokal, sehingga potensi
iklan menyesatkan sangat tinggi. Kebaruan dalam penelitian ini terletak pada fokus
analisis mendalam pada elemen verbal konten Tiktok dengan teori semiotika
Barthes, serta temuan pola kata yang dominan dibanding visual, yang jarang
dibahas pada penelitian serupa sebelumnya.
Kata Kunci: Influencer, Produk Lokal, Skincare, Semiotika Roland Barthes,
Iklan Menyesatkan.
| Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information: | Annisa Nurasya Ramadhani (Penulis - 153210128); Khuswatun Hasanah (Pembimbing) |
| Uncontrolled Keywords: | Influencer, Produk Lokal, Skincare, Semiotika Roland Barthes, Iklan Menyesatkan. |
| Subjek: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | UPA Perpustakaan |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 01:23 |
| Last Modified: | 21 Nov 2025 01:23 |
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/45649 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
