PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SMARTPHONE ADVAN (Studi pada Pengguna Smartphone Advan)

Satriansyah, Razin (2025) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SMARTPHONE ADVAN (Studi pada Pengguna Smartphone Advan). Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 2_Cover_152190013_Razin Satriansyah.pdf] Text
2_Cover_152190013_Razin Satriansyah.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 4_Halaman Pengesahan_152190013_Razin Satriansyah.pdf] Text
4_Halaman Pengesahan_152190013_Razin Satriansyah.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 3_Abstrak_152190013_Razin Satriansyah.pdf] Text
3_Abstrak_152190013_Razin Satriansyah.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 5_Daftar Isi_152190013_Razin Satriansyah.pdf] Text
5_Daftar Isi_152190013_Razin Satriansyah.pdf

Download (484kB)
[thumbnail of 6_Daftar Pustaka_152190013_Razin Satriansyah.pdf] Text
6_Daftar Pustaka_152190013_Razin Satriansyah.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1_Skripsi Full_152190013_Razin Satriansyah.pdf] Text
1_Skripsi Full_152190013_Razin Satriansyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
Official URL: upnyk.ac.id

Abstract

Razin Satriansyah, Nomor Mahasiswa 152190013, Program Studi Ilmu
Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Judul Penelitian “Pengaruh
Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Smartphone Advan
(Studi pada Pengguna Smartphone Advan). Dosen Pembimbing Humam Santosa
Utomo.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan
harga terhadap kepuasan konsumen pada pengguna smartphone merek Advan di
Indonesia. Advan merupakan salah satu produsen smartphone lokal yang
menawarkan produk dengan harga terjangkau namun tetap mempertahankan
kualitas yang kompetitif di pasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya
kepuasan konsumen dalam menentukan keberhasilan produk di pasar yang
kompetitif, khususnya dalam industri smartphone.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai signifikansi 0,000 dan
koefisien regresi sebesar 0,566. Variabel harga juga berpengaruh signifikan dengan
nilai signifikansi 0,006 dan koefisien regresi sebesar -0,150, yang berarti semakin
tinggi harga maka kepuasan konsumen cenderung menurun apabila tidak diimbangi
dengan peningkatan kualitas produk. Secara simultan, kualitas produk dan harga
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai F-hitung sebesar
64,027 dan signifikansi 0,000. Nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,569
menunjukkan bahwa 56,9% variasi kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh
kualitas produk dan harga, sedangkan sisanya 43,1% dipengaruhi oleh faktor lain
di luar penelitian ini.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin baik kualitas produk
dan harga yang ditawarkan, maka semakin tinggi tingkat kepuasan yang dirasakan
oleh konsumen smartphone Advan.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Konsumen, Smartphone, Advan.

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: Razin Satriansyah (Penulis - 152190013) ; Humam Santosa Utomo (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Konsumen, Smartphone, Advan.
Subjek: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Administrasi Bisnis
Depositing User: UPA Perpustakaan
Date Deposited: 10 Nov 2025 07:18
Last Modified: 10 Nov 2025 07:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/45345

Actions (login required)

View Item View Item