ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN MELALUI PERSEPSI NILAI DENGAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) : (Studi Kasus di Puskesmas Pembantu Ujung Menteng)

Kesya Angelina Rosmawati, . (2025) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN MELALUI PERSEPSI NILAI DENGAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) : (Studi Kasus di Puskesmas Pembantu Ujung Menteng). Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1_Cover_122210064.pdf] Text
1_Cover_122210064.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 2_Abstrak_122210064.pdf] Text
2_Abstrak_122210064.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 3_Halaman Pengesahan_122210064.pdf] Text
3_Halaman Pengesahan_122210064.pdf

Download (681kB)
[thumbnail of 4_Daftar Isi_122210064.pdf] Text
4_Daftar Isi_122210064.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of 5_Daftar Pustaka_122210064.pdf] Text
5_Daftar Pustaka_122210064.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 6_Skrispi Full_122210064.pdf] Text
6_Skrispi Full_122210064.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
Official URL: https://upnyk.ac.id

Abstract

Puskesmas Pembantu Ujung Menteng merupakan salah satu fasilitas pelayanan kesehatan dasar yang berperan penting dalam memberikan pelayanan medis kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Cakung. Namun, terdapat permasalahan yang dihadapi terkait adanya ketidakpuasan masyarakat terhadap beberapa aspek pelayanan, khususnya pada dimensi fasilitas fisik, komunikasi petugas, serta kejelasan informasi layanan. Permasalahan tersebut menunjukkan adanya kesenjangan antara harapan dan persepsi pasien terhadap kualitas pelayanan yang diberikan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien dengan persepsi nilai sebagai variabel mediasi di Puskesmas Pembantu Ujung Menteng. Metode penelitian yang digunakan adalah Structural Equation Modeling–Partial Least Square (SEM-PLS) dengan bantuan software SmartPLS. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 385 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria responden berusia minimal 18 tahun dan telah menggunakan layanan Puskesmas minimal satu kali dalam tiga bulan terakhir.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi nilai (p-value < 0,05; t-statistic 138,282 > 1,65) dan kepuasan pasien (p-value < 0,05; t-statistic 9,334 > 1,65). Selain itu, persepsi nilai juga terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien (p-value < 0,05; t-statistic 0,933 > 1,65) serta berperan sebagai variabel mediasi yang memperkuat hubungan antara kualitas pelayanan dan kepuasan pasien. Selain itu, penelitian ini merekomendasikan beberapa perbaikan, seperti penerapan pendaftaran online, penambahan kursi ruang tunggu, penyediaan area parkir tambahan, pemasangan media informasi kesehatan, pemberian label obat pada kemasan, serta pencatatan rutin alat medis. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar evaluasi dan perbaikan mutu layanan di Puskesmas Pembantu Ujung Menteng, sehingga pelayanan kesehatan dapat lebih optimal dalam meningkatkan kepuasan pasien.

Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Persepsi Nilai, SEM-PLS, Puskesmas Pembantu Ujung Menteng

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: Kesya Angelina Rosmawati (Penulis - 122210064) Apriani Soepardi (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Persepsi Nilai, SEM-PLS, Puskesmas Pembantu Ujung Menteng
Subjek: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik Industri > (S1) Teknik Industri
Depositing User: Bayu Pambudi
Date Deposited: 23 Oct 2025 07:57
Last Modified: 23 Oct 2025 07:57
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/44898

Actions (login required)

View Item View Item