ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP APLIKASI MY SUPER INDO MENGGUNAKAN MODEL INTEGRASI END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) DAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

Mutiara Hasna, . (2025) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP APLIKASI MY SUPER INDO MENGGUNAKAN MODEL INTEGRASI END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) DAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM). Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_124210029.pdf] Text
Cover_124210029.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of Abstrak_124210029.pdf] Text
Abstrak_124210029.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan_124210029.pdf] Text
Halaman Pengesahan_124210029.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of Daftar Isi_124210029.pdf] Text
Daftar Isi_124210029.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_124210029.pdf] Text
Daftar Pustaka_124210029.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of Fulltext_124210029.pdf] Text
Fulltext_124210029.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://upnyk.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi digital mendorong transformasi bisnis ritel menuju layanan
berbasis aplikasi, termasuk My Super Indo sebagai aplikasi e-groceries. Meskipun aplikasi
ini menawarkan berbagai fitur belanja daring, sejumlah ulasan pengguna menunjukkan
adanya kendala terkait penggunaan aplikasi secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis kepuasan pengguna aplikasi My Super Indo dengan menggunakan
integrasi model End User Computing Satisfaction (EUCS) dan Technology Acceptance
Model (TAM). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif melalui penyebaran
kuesioner kepada pengguna aplikasi yang telah melakukan transaksi minimal satu kali. Data
dianalisis dengan Structural Equation Modeling (SEM) berbasis SmartPLS untuk menguji
hubungan antar variabel laten.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel content, format, ease, ease of use, perceived
usefulness, dan attitude berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna, sedangkan
variabel tertentu seperti accuracy dan timeliness memiliki pengaruh yang lebih rendah.
Berdasarkan hasil tersebut rekomendasi yang diberikan meliputi peningkatan kualitas
konten promo, perbaikan antarmuka aplikasi, penyediaan navigasi yang lebih sederhana,
serta penambahan fitur gamifikasi. Temuan penelitian ini diharapkan dapat menjadi
masukan bagi pengembang aplikasi My Super Indo untuk meningkatkan kualitas layanan
sekaligus memperkaya literatur mengenai integrasi EUCS dan TAM pada aplikasi e
groceries.

Kata kunci: Kepuasan pengguna, EUCS, TAM, My Super Indo, SmartPLS

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mutiara Hasna (Penulis - 124210029) Yuli Fauziah (Pembimbing)
Subjek: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik Industri > (S1) Sistem Informasi
Depositing User: Indah Lestari
Date Deposited: 21 Oct 2025 01:19
Last Modified: 21 Oct 2025 01:19
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/44606

Actions (login required)

View Item View Item