PENGARUH VIEWING FREQUENCY DAN SCARCITY PERCEPTION TERHADAP IMPULSE BUYING PADA LIVE STREAMING SHOPEE YANG DIMEDIASI OLEH ANTICIPATED EMOTIONS

ANDRIAWAN, DIKI (2025) PENGARUH VIEWING FREQUENCY DAN SCARCITY PERCEPTION TERHADAP IMPULSE BUYING PADA LIVE STREAMING SHOPEE YANG DIMEDIASI OLEH ANTICIPATED EMOTIONS. Skripsi thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of 2_Cover_141210203_Diki Andriawan.pdf] Text
2_Cover_141210203_Diki Andriawan.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 3_Abstrak_141210203_Diki Andriawan.pdf] Text
3_Abstrak_141210203_Diki Andriawan.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 4_Halaman Pengesahan_141210203_Diki Andriawan.pdf] Text
4_Halaman Pengesahan_141210203_Diki Andriawan.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of 5_Daftar Isi_141210203_Diki Andriawan.pdf] Text
5_Daftar Isi_141210203_Diki Andriawan.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 6_Daftar Pustaka_141210203_Diki Andriawan.pdf] Text
6_Daftar Pustaka_141210203_Diki Andriawan.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 1_Skripsi full_141210203_Diki Andriawan.pdf] Text
1_Skripsi full_141210203_Diki Andriawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Viewing Frequency dan Scarcity
Perception terhadap Impulse Buying pada pengguna live streaming Shopee dengan
Anticipated Emotions sebagai variabel mediasi. Teknik pengambilan sampel
menggunakan non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Data
dikumpulkan melalui kuesioner Google Form dari 190 responden dan dianalisis
menggunakan metode SEM-PLS dengan program SmartPLS 4.0. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Viewing Frequency dan Anticipated Emotions berpengaruh positif
dan signifikan terhadap Impulse Buying, sementara Scarcity Perception tidak
berpengaruh signifikan. Viewing Frequency berpengaruh positif terhadap Anticipated
Emotions, sedangkan Scarcity Perception berpengaruh negatif. Anticipated Emotions
memediasi hubungan antara Viewing Frequency dan Impulse Buying secara positif,
serta memediasi hubungan Scarcity Perception dan Impulse Buying secara negatif.
Penelitian ini menegaskan pentingnya peran emosi dalam pembelian impulsif pada live
streaming commerce. Peneliti selanjutnya disarankan untuk memperluas objek studi ke
platform lain, menambahkan variabel seperti kepercayaan atau kehadiran sosial, serta
mengeksplorasi strategi pemasaran berbasis emosi yang etis dan bertanggung jawab.
Kata kunci: Viewing Frequency, Scarcity Perception, Impulse Buying, Anticipated
Emotions, Shopee Live

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: DIKI ANDRIAWAN (penulis) - 141210203 ; Karyono (pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Viewing Frequency, Scarcity Perception, Impulse Buying, Anticipated Emotions, Shopee Live
Subjek: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > (S1) Manajemen
Depositing User: A.Md Eko Suprapti
Date Deposited: 17 Oct 2025 02:45
Last Modified: 17 Oct 2025 03:04
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/44517

Actions (login required)

View Item View Item