AFERNA, RAHMADENA (2025) PENGARUH TOURIST MOTIVATION DAN DESTINATION IMAGE TERHADAP REVISIT INTENTION MELALUI MEMORABLE TOURIST EXPERIENCE (Studi Kasus pada Wisatawan yang Telah Berkunjung ke Malioboro Yogyakarta). Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
![]() |
Text
Cover_152180113_RAHMADENA AFERNA.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan_152180113_RAHMADENA AFERNA.pdf Download (828kB) |
![]() |
Text
Daftar ISI_152180113_RAHMADENA AFERNA.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka_152180113_RAHMADENA AFERNA.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_Fulltext_152180113_RAHMADENA AFERNA.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Tourist Motivation dan
Destination Image Terhadap Revisit Intention melalui Memorable Tourist
Experience (Studi Kasus pada Wisatawan yang Telah Berkunjung ke Malioboro
Yogyakarta). Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan yang sudah pernah
berkunjung ke Objek Wisata Malioboro Yogyakarta yang jumlah populasinya tidak
diketahui secara pasti. Penelitian ini menggunakan tipe explanatory dengan
menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah wisatawan
yang sudah melakukan kunjungan minimal satu kali pada Wisata Malioboro.
Ukuran sampel dengan 128 responden didapatkan dari perhitungan rumus Machin
dan Cambell. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling.
Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan tabel dan
persentasi, serta analisis statistik inferensial menggunakan SEM AMOS dan Uji
Sobel.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel tourist motivation
berpengaruh signifikan terhadap memorable tourist experience, destination image
berpengaruh signifikan terhadap memorable tourist experience, memorable tourist
experience berpengaruh signifikan terhadap revisit intention, tourist motivation
berpengaruh signifikan terhadap revisit intention, destination image berpengaruh
signifikan terhadap revisit intention, tourist motivation berpengaruh signifikan
terhadap revisit intention melalui memorable tourist experience, destination image
berpengaruh signifikan terhadap revisit intention melalui memorable tourist
experience. Berdasarkan hasil penelitian, Malioboro diharapkan mampu
mempertahankan citranya agar mampu memotivasi wisatawan untuk datang dan
memberi pengalaman yang berkesan sehingga meningkatkan niat wisatawan untuk
melakukan kunjungan kembali ke Malioboro di masa depan.
Kata Kunci: Tourist Motivation, Destination Image, Memorable Tourist Experience, Revisit Intention
Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAHMADENA AFERNA (Penulis-152180113) ; Eny Endah Pujiastuti (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Tourist Motivation, Destination Image, Memorable Tourist Experience, Revisit Intention |
Subjek: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Administrasi Bisnis |
Depositing User: | UPA Perpustakaan |
Date Deposited: | 16 Oct 2025 07:22 |
Last Modified: | 16 Oct 2025 07:22 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/44493 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |