ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BOLEN PISANG PADA UMKM BOLEN KAGE DI KEMANTREN KOTAGEDE KOTA YOGYAKARTA

Muhammad Bayu Dirgantara, . (2025) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BOLEN PISANG PADA UMKM BOLEN KAGE DI KEMANTREN KOTAGEDE KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_135210086_Muhammad Bayu Dirgantara.pdf] Text
Cover_135210086_Muhammad Bayu Dirgantara.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of Abstrak_135210086_Muhammad Bayu Dirgantara.pdf] Text
Abstrak_135210086_Muhammad Bayu Dirgantara.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_135210086_Muhammad Bayu Dirgantara.pdf] Text
Lembar Pengesahan_135210086_Muhammad Bayu Dirgantara.pdf

Download (599kB)
[thumbnail of Daftar isi_135210086_Muhammad Bayu Dirgantara.pdf] Text
Daftar isi_135210086_Muhammad Bayu Dirgantara.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_135210086_Muhammad Bayu Dirgantara.pdf] Text
Daftar Pustaka_135210086_Muhammad Bayu Dirgantara.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of Fulltext Skripsi_135210086_Muhammad Bayu Dirgantara.pdf] Text
Fulltext Skripsi_135210086_Muhammad Bayu Dirgantara.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://upnyk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis faktor internal dan faktor eksternal
pada UMKM Bolen Kage, (2) Menganalisis alternatif strategi pemasaran yang
diterapkan pada UMKM Bolen Kage, (3) Menganalisis strategi pemasaran yang
tepat pada UMKM Bolen Kage. Metode penelitian ini menggunakan metode
pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif. Jenis penelitian ini merupakan
jenis penelitian studi kasus. Metode pengambilan responden dilakukan dengan
metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan merupakan data primer dan
sekunder. Metode pengambilan data menggunakan FGD, observasi, wawancara,
kuisioner, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah matriks IFAS,
matriks EFAS, IE, SWOT, dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)
Faktor kekuatan utama yaitu bolen berkualitas telah memiliki perizinan PIRT dan
Halal, memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Faktor kelemahan utama
yaitu kapasitas produksi yang terbatas. Faktor peluang utama yaitu bahan baku
mudah didapat. Faktor ancaman utama yaitu Keterbatasan supplier atau penyedia
jasa teknisi (2) Alternatif strategi pemasaran UMKM Bolen Kage adalah menjaga
dan meningkatkan kualitas produk, membuat inovasi produk, dan melakukan
ekspansi pasar melalui event dan pameran. (3) Prioritas strategi pemasaran yang
tepat adalah membuat inovasi produk.

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Bayu Dirgantara (Penulis-135210086) ; Indah Widowati (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT, Analisis QSPM, Roti Bolen, Strategi Pemasaran
Subjek: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > (S1) Agribisnis
Depositing User: Bayu Pambudi
Date Deposited: 16 Oct 2025 03:55
Last Modified: 16 Oct 2025 03:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/44473

Actions (login required)

View Item View Item