AZMI, AHMAD MULYADI ULUL (2025) PENGARUH SOCIAL MEDIA INFORMATION TRUST DAN TOURIST ATTRACTION TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION MELALUI TOURIST SATISFACTION (Studi Pada Wisatawan yang Sudah Pernah Berkunjung Ke Suraloka Interactive Zoo). Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
![]() |
Text
2_Cover_152190053_Ahmad Mulyadi U A.pdf Download (79kB) |
![]() |
Text
4_Halaman Pengesahan_152190053_Ahmad Mulyadi U A.pdf Download (295kB) |
![]() |
Text
3_Abstrak_152190053_Ahmad Mulyadi Ulul Azmi.pdf Download (75kB) |
![]() |
Text
5_Daftar Isi_152190053_Ahmad Mulyadi U A.pdf Download (25kB) |
![]() |
Text
6_Daftar Pustaka_152190053_Ahmad Mulyadi Ulul Azmi.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
1.SKRIPSI_152190053_Ahmad Mulyadi Ulul Azmi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh kepercayaan terhadap informasi di media
sosial (Social Media Information Trust) dan daya tarik destinasi wisata (Tourist
Attraction) terhadap niat berperilaku wisatawan (Behavioral Intention), dengan
mempertimbangkan kepuasan wisatawan (Tourist Satisfaction) sebagai variabel
mediasi. Latar belakang penelitian ini didorong oleh penurunan jumlah pengunjung
dan ulasan negatif terhadap Suraloka Interactive Zoo, yang menunjukkan
pentingnya pengelolaan informasi dan persepsi daya tarik dalam meningkatkan
loyalitas wisatawan.
Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik survei
terhadap 190 responden, dianalisis melalui Structural Equation Modeling (SEM)
menggunakan perangkat lunak AMOS. Hasil analisis menunjukkan bahwa Social
Media Information Trust dan Tourist Attraction berpengaruh signifikan terhadap
Tourist Satisfaction, dan secara tidak langsung memengaruhi Behavioral Intention
melalui variabel mediasi tersebut. Tourist Satisfaction juga terbukti memiliki
pengaruh langsung yang signifikan terhadap niat berkunjung ulang.
Hasil penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi
pemasaran destinasi wisata dan pengelolaan reputasi digital. Peningkatan kualitas
informasi yang dapat dipercaya serta penguatan elemen daya tarik destinasi
merupakan dua faktor kunci dalam menciptakan pengalaman wisata yang
memuaskan dan berkelanjutan.
Kata kunci: Social Media Information Trust, Tourist Attraction, Tourist
Satisfaction, Behavioral Intention, SEM AMOS.
Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | AHMAD MULYADI ULUL AZMI (Penulis-152190053) ; Eny Endah Pujiastuti (Pembimbing1) ; Didik Indarwanta (Pembimbing2) |
Uncontrolled Keywords: | Social Media Information Trust, Tourist Attraction, Tourist Satisfaction, Behavioral Intention, SEM AMOS. |
Subjek: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Administrasi Bisnis |
Depositing User: | UPA Perpustakaan |
Date Deposited: | 16 Oct 2025 01:40 |
Last Modified: | 16 Oct 2025 01:40 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/44430 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |