ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM CLORISMEN VERSI FROM NOTHING TO SOMETHING DENGAN METODE DIRECT RATING METHOD (DRM) (Studi Pada Siswa SMA Yaspen Tugu Ibu 1 Depok Penonton Iklan)

Erlangga, Rochmat Chaliq Lucky (2025) ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM CLORISMEN VERSI FROM NOTHING TO SOMETHING DENGAN METODE DIRECT RATING METHOD (DRM) (Studi Pada Siswa SMA Yaspen Tugu Ibu 1 Depok Penonton Iklan). Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_152180092_Rochmat Chaliq Lucky Erlangga.pdf] Text
Cover_152180092_Rochmat Chaliq Lucky Erlangga.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan_152180092_Rochmat Chaliq Lucky Erlangga.pdf] Text
Halaman Pengesahan_152180092_Rochmat Chaliq Lucky Erlangga.pdf

Download (664kB)
[thumbnail of Abstrak_152180092_Rochmat Chaliq Lucky Erlangga.pdf] Text
Abstrak_152180092_Rochmat Chaliq Lucky Erlangga.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of Daftar Isi_152180092_Rochmat Chaliq Lucky Erlangga.pdf] Text
Daftar Isi_152180092_Rochmat Chaliq Lucky Erlangga.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_152180092_Rochmat Chaliq Lucky Erlangga.pdf] Text
Daftar Pustaka_152180092_Rochmat Chaliq Lucky Erlangga.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of SKRIPSI_Fulltext_152180092_Rochmat Chaliq Lucky Erlangga.pdf] Text
SKRIPSI_Fulltext_152180092_Rochmat Chaliq Lucky Erlangga.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: upnyk.ac.id

Abstract

Iklan Memiliki peran penting untuk menunjang kegiatan dan pencapaian tujuan
pemasaran suatu produk. Namun permasalahan yang sering ditemukan adalah
efektif atau tidaknya pesan yang disampaikan dalam iklan dan tidak sering juga
sebuah iklan memerlukan biaya produksi yang tidak sedikit. Untuk itu diperlukan
adanya evaluasi terhadap efektivitas pesan iklan dalam penanyangan sebuah iklan
pada suatu media. Dalam penelitian ini iklan Sosial media Instagram clorismen
versi From Nothing to something akan di evaluasi efektivitasnya dengan
menggunakan metode penentuan peringkat langsung atau direct rating method
(DRM) yang berfokus pada 5 dimensi pengukuran yaitu, perhatian, pemahaman,
respon kognitif, respon afektif dan sikap terhadap iklan. Data diperoleh melalui
penyebaran kuesioner melalui g from kepada 98 siswa SMA Yaspen Tugu Ibu 1
Depok yang pernah melihat iklan tersebut.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa iklan media sosial Instagram
clorismen versi From Nothing to Something masuk pada kategori iklan sangat baik
dengan mendapat Total Skor DRM Sebesar 81,92 sehingga dapat diartikan iklan ini
dinilai efektif pada siswa Sekolah Menengah Atas Yaspen Tugu Ibu 1 Depok.

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: Rochmat Chaliq Lucky Erlangga (Penulis- 152180092) ; Sauptika Kancana (Pembimbing1) ; Meilan Sugiarto (Pembimbing2)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas iklan, Media sosial, Instagram, Clorismen, From Nothing to Something Direct Rating Method (DRM)
Subjek: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Administrasi Bisnis
Depositing User: UPA Perpustakaan
Date Deposited: 15 Oct 2025 07:37
Last Modified: 15 Oct 2025 07:37
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/44418

Actions (login required)

View Item View Item