KOMUNIKASI DI STREET COFFEE YOGYAKARTA: MAKNA DAN RUANG DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Siswoyo, Desvita Nisfi (2025) KOMUNIKASI DI STREET COFFEE YOGYAKARTA: MAKNA DAN RUANG DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_153210052_Desvita Nisfi Siswoyo.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_153210052_Desvita Nisfi Siswoyo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 2. Cover_ 153210052_Desvita Nisfi Siswoyo.pdf] Text
2. Cover_ 153210052_Desvita Nisfi Siswoyo.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_153210052_Desvita Nisfi Siswoyo.pdf] Text
3. Abstrak_153210052_Desvita Nisfi Siswoyo.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of 4. Pengesahan_153210052_Desvita Nisfi Siswoyo.pdf] Text
4. Pengesahan_153210052_Desvita Nisfi Siswoyo.pdf

Download (499kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_153210052_Desvita Nisfi Siswoyo.pdf] Text
5. Daftar Isi_153210052_Desvita Nisfi Siswoyo.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_153210052_Desvita Nisfi Siswoyo.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_153210052_Desvita Nisfi Siswoyo.pdf

Download (235kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana pengunjung memaknai
keberadaan Street Coffee di Yogyakarta sebagai ruang sosial dalam kehidupan
sehari-hari. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan paradigma
konstruktivis, penelitian ini berpijak pada teori fenomenologi Alfred Schutz dan
didukung oleh teori interaksi simbolik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali
pengalaman subjektif pengunjung Street Coffee di Yogyakarta, serta memahami
bagaimana pengalaman tersebut membentuk makna, interaksi, dan tindakan sosial
di ruang jalanan. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan empat
informan yang aktif mengunjungi Street Coffee di Yogyakarta. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Street Coffee di Yogyakarta tidak hanya berfungsi sebagai
tempat minum kopi, melainkan telah menjadi bagian dari dunia kehidupan atau
lebenswelt pengunjung. Dalam pengalaman mereka, Street Coffee di Yogyakarta
dimaknai sebagai ruang terbuka, santai, inklusif, dan egaliter yang memberikan
kenyamanan untuk berinteraksi dengan teman maupun pelaku usaha. Temuan juga
menunjukkan adanya struktur motivasi dalam tindakan informan, baik because
motives maupun in-order-to motives yang menjelaskan alasan mereka hadir dan
terus kembali ke Street Coffee di Yogyakarta. Melalui proses tipifikasi dan
intersubjektivitas, jalanan dimaknai ulang sebagai ruang kumpul yang bermakna
dan lekat dengan rutinitas, refleksi diri, dan pembentukan identitas sosial. Interaksi
simbolik pun terlihat dalam dinamika komunikasi, penciptaan makna terhadap
simbol-simbol sederhana di Street Coffee Yogyakarta, serta proses pembentukan
self yang dipengaruhi oleh relasi sosial di lingkungan tersebut. Dengan demikian,
Street Coffee di Yogyakarta menjadi ruang yang sarat makna dan mencerminkan
tindakan sosial yang terbentuk dari interaksi sehari-hari.
Kata Kunci: Street Coffee, Pengalaman Subjektif, Interaksi Simbolik, Ruang
Sosial, Fenomenologi

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Street Coffee, Pengalaman Subjektif, Interaksi Simbolik, Ruang Sosial, Fenomenologi
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Komunikasi
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 14 Oct 2025 03:24
Last Modified: 14 Oct 2025 03:24
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/44335

Actions (login required)

View Item View Item