Jeremy Kenneth Harnanto, . (2025) RANCANG BANGUN APLIKASI LOYALITAS PELANGGAN BERBASIS MOBILE UNTUK OZ LOYALTY DENGAN METODE WATERFALL. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
![]() |
Text
1_Cover_124210007_Jeremy Kenneth.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
2_Abstrak_124210007_Jeremy Kenneth.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
3_Halaman Pengesahan_124210007_Jeremy Kenneth.pdf Download (399kB) |
![]() |
Text
4_Daftar Isi_124210007_Jeremy Kenneth.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
5_Daftar Pustaka_124210007_Jeremy Kenneth.pdf Download (80kB) |
![]() |
Text
6_Fulltext_124210007_Jeremy Kenneth.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Aplikasi loyalitas pelanggan merupakan salah satu strategi digital yang digunakan
oleh pelaku usaha untuk mempertahankan pelanggan dengan memberikan poin atau reward
atas setiap transaksi yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan
mengembangkan aplikasi OZ Loyalty berbasis mobile yang dapat membantu toko, kafe, dan
UMKM di Australia dalam mengelola program loyalitas pelanggan secara digital dan
efisien. Permasalahan utama yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya
penggunaan pembayaran tunai di Australia, yang hanya sekitar 6% dari total transaksi, serta
belum adanya sistem yang dapat memfasilitasi program loyalitas pelanggan secara
terintegrasi dan mudah digunakan oleh merchant.
Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah Waterfall, yang
terdiri dari lima tahapan utama yaitu Requirement Analysis, System Design,
Implementation, Testing, dan Maintenance. Aplikasi dikembangkan menggunakan Flutter
sebagai framework frontend dan Firebase sebagai basis data real-time. Fitur utama dalam
aplikasi ini meliputi registrasi dan login pengguna, pencatatan transaksi oleh merchant,
perhitungan poin otomatis, notifikasi poin kepada pelanggan, serta penukaran poin dengan
reward.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi OZ Loyalty telah berhasil
diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan fungsional yang telah dirancang, serta mampu
membantu merchant dalam mengelola program loyalitas pelanggan secara mandiri. Dengan
adanya aplikasi ini, diharapkan pelaku usaha dapat meningkatkan loyalitas pelanggan,
sekaligus menyesuaikan diri dengan tren transaksi non-tunai yang semakin dominan.
Kata Kunci: Aplikasi Mobile, Loyalitas Pelanggan, Flutter, Firebase, Waterfall
Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Jeremy Kenneth Harnanto (124210007) Yuli Fauziah (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Mobile, Loyalitas Pelanggan, Flutter, Firebase, Waterfall |
Subjek: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Industri > (S1) Sistem Informasi |
Depositing User: | Indah Lestari |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 04:24 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 04:24 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/44272 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |