PENGARUH TOURIST MOTIVATION TERHADAP PERCEIVED VALUE dan TOURIST SATISFACTION SERTA DAMPAKNYA PADA DESTINATION LOYALTY (Studi pada Wisatawan yang Telah Berkunjung ke Waterboom Jogja)

Josephine, Maylivia Rut Kusuma (2025) PENGARUH TOURIST MOTIVATION TERHADAP PERCEIVED VALUE dan TOURIST SATISFACTION SERTA DAMPAKNYA PADA DESTINATION LOYALTY (Studi pada Wisatawan yang Telah Berkunjung ke Waterboom Jogja). Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Skripsi Fulltext_152210116_Maylivia Rut Kusuma Josephine.pdf] Text
Skripsi Fulltext_152210116_Maylivia Rut Kusuma Josephine.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of Cover_152210116_Maylivia Rut Kusuma Josephine.pdf] Text
Cover_152210116_Maylivia Rut Kusuma Josephine.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of Abstrak_152210116_Maylivia Rut Kusuma Josephine.pdf] Text
Abstrak_152210116_Maylivia Rut Kusuma Josephine.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of Daftar Isi_152210116_Maylivia Rut Kusuma Josephine.pdf] Text
Daftar Isi_152210116_Maylivia Rut Kusuma Josephine.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_152210116_Maylivia Rut Kusuma Josephine.pdf] Text
Daftar Pustaka_152210116_Maylivia Rut Kusuma Josephine.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_152210116_Maylivia Rut Kusuma Josephine (2).pdf] Text
Lembar Pengesahan_152210116_Maylivia Rut Kusuma Josephine (2).pdf

Download (106kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Tourist Motivation
Terhadap Perceived Value dan Tourist Satisfaction Serta Dampaknya pada Destination
Loyalty (Studi pada Wisatawan yang Telah Berkunjung ke Waterboom Jogja). Populasi
penelitian ini adalah wisatawan yang Telah berkunjung ke Waterboom Jogja yang
jumlah populasinya tidak diketahui secara pasti. Penelitian ini menggunakan tipe
explanatory research dengan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini
merupakan wisatawan yang telah berkunjung ke destinasi wisata Waterboom Jogja
minimal sebanyak 2 kali. Ukuran sampel dengan 130 responden didapatkan melalui
perhitungan rumus Machin dan Campbell. Teknik sampling yang digunakan yaitu
nonprobability sampling dan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan
analisis statistik deskriptif dengan Tabel dan persentase serta analisis statistik
inferensial menggunakan SEM AMOS, dan uji hipotesis menggunakan uji T untuk
menguji hubungan langsung, dan uji Sobel dalam menguji hubungan tidak langsung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel tourist motivation berpengaruh
signifikan terhadap perceived value, tourist motivation berpengaruh signifikan
terhadap tourist satisfaction, perceived value berpengaruh signifikan terhadap tourist
satisfaction, perceived value berpengaruh signifikan terhadap destination loyalty,
tourist satisfaction berpengaruh signfikan terhadap destination loyalty, tourist
motivation berpengaruh signfikan terhadap destination loyalty, tourist motivation
berpengaruh signifikan terhadap destination loyalty melalui perceived value, tourist
motivation berpengaruh signifikan terhadap destination loyalty melalui tourist
satsifaction, tourist motivation berpengaruh signifikan terhadap tourist satisfaction
melalui perceived value, perceived value berpengaruh signifikan terhadap destination
loyalty melalui tourist satisfaction. Berdasarkan hasil penelitian, destinasi wisata
Waterboom Jogja, diharapkan mampu meningkatkan kualitas layanan dan pengalaman
wisata yang ditawarkan sesuai dengan motivasi wisatawan serta mampu menciptakan
pengalaman wisata yang baik agar wisatawan mendapatkan nilai yang tinggi atas
keseluruhan pengalaman wisata selama berkunjung agar dapat menumbuhkan kesai
positif sehingga meningkatkan rasa kepuasan wisatawan dan menumbuhkan loyalitas
terhadap destinasi.
Kata Kunci: Tourist Motivation, Perceived Value, Tourist Satisfaction, Destination
Loyalty

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tourist Motivation, Perceived Value, Tourist Satisfaction, Destination Loyalty
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Administrasi Bisnis
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 09 Oct 2025 10:01
Last Modified: 09 Oct 2025 10:01
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/44194

Actions (login required)

View Item View Item