Josephine, Maylivia Rut Kusuma (2025) PENGARUH TOURIST MOTIVATION TERHADAP PERCEIVED VALUE dan TOURIST SATISFACTION SERTA DAMPAKNYA PADA DESTINATION LOYALTY (Studi pada Wisatawan yang Telah Berkunjung ke Waterboom Jogja). Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
| 
              
Text
 Skripsi Fulltext_152210116_Maylivia Rut Kusuma Josephine.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB)  | 
          |
| 
              
Text
 Cover_152210116_Maylivia Rut Kusuma Josephine.pdf Download (110kB)  | 
          |
| 
              
Text
 Abstrak_152210116_Maylivia Rut Kusuma Josephine.pdf Download (115kB)  | 
          |
| 
              
Text
 Daftar Isi_152210116_Maylivia Rut Kusuma Josephine.pdf Download (102kB)  | 
          |
| 
              
Text
 Daftar Pustaka_152210116_Maylivia Rut Kusuma Josephine.pdf Download (134kB)  | 
          |
| 
              
Text
 Lembar Pengesahan_152210116_Maylivia Rut Kusuma Josephine (2).pdf Download (106kB)  | 
          
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Tourist Motivation 
Terhadap Perceived Value dan Tourist Satisfaction Serta Dampaknya pada Destination 
Loyalty (Studi pada Wisatawan yang Telah Berkunjung ke Waterboom Jogja). Populasi 
penelitian ini adalah wisatawan yang Telah berkunjung ke Waterboom Jogja yang 
jumlah populasinya tidak diketahui secara pasti. Penelitian ini menggunakan tipe 
explanatory research dengan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini 
merupakan wisatawan yang telah berkunjung ke destinasi wisata Waterboom Jogja 
minimal sebanyak 2 kali. Ukuran sampel dengan 130 responden didapatkan melalui 
perhitungan rumus Machin dan Campbell. Teknik sampling yang digunakan yaitu 
nonprobability sampling dan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan 
analisis statistik deskriptif dengan Tabel dan persentase serta analisis statistik 
inferensial menggunakan SEM AMOS, dan uji hipotesis menggunakan uji T untuk 
menguji hubungan langsung, dan uji Sobel dalam menguji hubungan tidak langsung.  
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel tourist motivation berpengaruh 
signifikan terhadap perceived value, tourist motivation berpengaruh signifikan 
terhadap tourist satisfaction, perceived value berpengaruh signifikan terhadap tourist 
satisfaction, perceived value berpengaruh signifikan terhadap destination loyalty, 
tourist satisfaction berpengaruh signfikan terhadap destination loyalty, tourist 
motivation berpengaruh signfikan terhadap destination loyalty, tourist motivation 
berpengaruh signifikan terhadap destination loyalty melalui perceived value, tourist 
motivation berpengaruh signifikan terhadap destination loyalty melalui tourist 
satsifaction, tourist motivation berpengaruh signifikan terhadap tourist satisfaction 
melalui perceived value, perceived value berpengaruh signifikan terhadap destination 
loyalty melalui tourist satisfaction. Berdasarkan hasil penelitian, destinasi wisata 
Waterboom Jogja, diharapkan mampu meningkatkan kualitas layanan dan pengalaman 
wisata yang ditawarkan sesuai dengan motivasi wisatawan serta mampu menciptakan 
pengalaman wisata yang baik agar wisatawan mendapatkan nilai yang tinggi atas 
keseluruhan pengalaman wisata selama berkunjung agar dapat menumbuhkan kesai 
positif sehingga meningkatkan rasa kepuasan wisatawan dan menumbuhkan loyalitas 
terhadap destinasi.  
Kata Kunci: Tourist Motivation, Perceived Value, Tourist Satisfaction, Destination 
Loyalty
| Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Tourist Motivation, Perceived Value, Tourist Satisfaction, Destination Loyalty | 
| Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Administrasi Bisnis | 
| Depositing User: | Eny Suparny | 
| Date Deposited: | 09 Oct 2025 10:01 | 
| Last Modified: | 09 Oct 2025 10:01 | 
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/44194 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
