EVALUASI TAMPILAN DAN PENGALAMAN PENGGUNA PADA APLIKASI LET’S GO TO SOLO MENGGUNAKAN USABILITY TESTING DAN POST STUDY SYSTEM USABILITY QUESTIONNAIRE

ARDHANA FIRDAUS ERLIASNANDA FASYA, . (2025) EVALUASI TAMPILAN DAN PENGALAMAN PENGGUNA PADA APLIKASI LET’S GO TO SOLO MENGGUNAKAN USABILITY TESTING DAN POST STUDY SYSTEM USABILITY QUESTIONNAIRE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of 1_Cover_124210054.pdf] Text
1_Cover_124210054.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 2_Abstrak_124210054.pdf] Text
2_Abstrak_124210054.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 3_Halaman Pengesahan_124210054.pdf] Text
3_Halaman Pengesahan_124210054.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 4_Daftar Isi_124210054.pdf] Text
4_Daftar Isi_124210054.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 5_Daftar Pustaka_124210054.pdf] Text
5_Daftar Pustaka_124210054.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 6_Skripsi Full_124210054_Ardhana Firdaus Erliasnanda Fasya.pdf] Text
6_Skripsi Full_124210054_Ardhana Firdaus Erliasnanda Fasya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: http://upnyk.ac.id

Abstract

Aplikasi Let’s Go To Solo dikembangkan untuk mempermudah wisatawan dalam memperoleh informasi destinasi, agenda, serta layanan pariwisata di Kota Surakarta. Namun, hasil evaluasi menunjukkan adanya permasalahan pada aspek konsistensi bahasa, navigasi, kelengkapan informasi, dan tampilan antarmuka, yang berdampak pada kurang optimalnya pengalaman pengguna
Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi tampilan dan pengalaman pengguna pada aplikasi Let’s Go To Solo, kemudian merancang rekomendasi perbaikan, serta mengevaluasi ulang rekomendasi tersebut secara iteratif. Evaluasi dilakukan menggunakan metode usability testing dan post study system usability questionnaire (PSSUQ). Setiap siklus evaluasi menghasilkan temuan baru yang digunakan sebagai dasar iterasi perbaikan berikutnya, sehingga proses penyempurnaan berlangsung secara berulang dan sistematis.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada setiap iterasi. Aspek learnability mencapai 100%, tingkat efficiency meningkat dari 0,1108 goals/detik menjadi 0,2706 goals/detik, serta error rate menurun hingga 0%. Nilai PSSUQ juga menunjukkan perbaikan pada aspek kemudahan penggunaan, kualitas informasi, dan kualitas antarmuka. Dengan demikian, pendekatan evaluasi iteratif terbukti efektif dalam menghasilkan aplikasi yang lebih mudah digunakan, efisien, dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Kata kunci: evaluasi tampilan dan pengalaman pengguna, usability testing, PSSUQ, aplikasi pariwisata.

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: ARDHANA FIRDAUS ERLIASNANDA FASYA (Penulis - 124210054) ; RIZA PRAPASCATAMA AGUSDIN (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: evaluasi tampilan dan pengalaman pengguna, usability testing, PSSUQ, aplikasi pariwisata.
Subjek: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik Industri > (S1) Sistem Informasi
Depositing User: Indah Lestari
Date Deposited: 02 Oct 2025 10:05
Last Modified: 02 Oct 2025 10:05
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/44012

Actions (login required)

View Item View Item