PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENENTUAN RUTE PENGANGKUTAN KERTAS BEKAS DENGAN ALGORITMA SWEEP DAN NEAREST NEIGHBOR (Studi Kasus : UD Sregep, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta)

HELIYANTI, AFIFAH ISNA RAHMA (2025) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENENTUAN RUTE PENGANGKUTAN KERTAS BEKAS DENGAN ALGORITMA SWEEP DAN NEAREST NEIGHBOR (Studi Kasus : UD Sregep, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta). Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 2_Cover_122210032_Afifah Isna.pdf] Text
2_Cover_122210032_Afifah Isna.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 3_Abstrak_122210032_Afifah Isna.pdf] Text
3_Abstrak_122210032_Afifah Isna.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 4_Halaman Pengesahan_122210032_Afifah Isna.pdf] Text
4_Halaman Pengesahan_122210032_Afifah Isna.pdf

Download (642kB)
[thumbnail of 5_Daftar Isi_122210032_Afifah Isna.pdf] Text
5_Daftar Isi_122210032_Afifah Isna.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of 6_Daftar Pustaka_122210032_Afifah Isna.pdf] Text
6_Daftar Pustaka_122210032_Afifah Isna.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 1_Skripsi Full_122210032_Afifah Isna.pdf] Text
1_Skripsi Full_122210032_Afifah Isna.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://www.upnyk.ac.id/

Abstract

Penentuan rute angkutan yang optimal merupakan tantangan dalam kegiatan
reverse logistics, terutama ketika frekuensi dan lokasi penjemputan berubah-ubah.
UD Sregep, sebuah perusahaan daur ulang kertas di Sleman, Yogyakarta,
menghadapi permasalahan dalam efisiensi penentuan rute penjemputan kertas
bekas, seperti ketidakteraturan jadwal dan pengelompokan rute yang tidak
mempertimbangkan kedekatan geografis antar sumber dan menyebabkan
ketidakefisienan dalam penggunaan armada serta risiko sopir lembur. Penelitian ini
bertujuan untuk membangun model Vehicle Routing Problem (VRP) dan merancang
sistem informasi penentuan rute dengan mempertimbangkan multi-trip, kapasitas
kendaraan, waktu kerja sopir, dan volume muatan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan kombinasi
Algoritma Sweep dan Nearest Neighbor. Data observasi diambil dari aktivitas
penjemputan pada tanggal 4–9 November 2024.. Sistem informasi dikembangkan
menggunakan framework Angular untuk antarmuka pengguna dan FastAPI sebagai
back-end, serta diuji menggunakan metode Black Box dan User Acceptance Test
(UAT).
Hasil implementasi menunjukkan bahwa sistem informasi ini dapat
menghasilkan rute penjemputan yang lebih efisien dengan pengurangan total jarak
tempuh serta risiko overtime. Sistem ini juga mampu mendukung pengambilan
keputusan yang lebih cepat dan akurat dalam operasional logistik UD Sregep. Hal
ini dibuktikan pada hasil perbandingan antara jarak aktual dan jarak usulan sistem
informasi terdapat presentase selisih jarak yang signifikan pada kurun waktu 5 hari.
Pada tanggal 4 November 2024 menunjukkan presentase selisih jarak sebesar 30%,
tanggal 5 November 2024 sebesar 34%, tanggal 6 November sebesar 14%, tanggal
7 November 26%, dan tanggal 8 November sebesar 19%. Hasil pengujian UAT juga
menghasilkan presentase 85,71% sehingga sistem dikatakan sangat layak
digunakan untuk perusahaan. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan
memberikan kontribusi nyata dalam efisiensi distribusi pada sistem reverse logistics
berbasis teknologi informasi.
Kata Kunci: Reverse Logistics, Vehicle Routing Problem, Algoritma Sweep,
Nearest Neighbor, Sistem Informasi, UD Sregep.

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: Afifah Isna Rahma Heliyanti (Penulis - 122210032) ; Laila Nafisah (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Reverse Logistics, Vehicle Routing Problem, Algoritma Sweep, Nearest Neighbor, Sistem Informasi, UD Sregep.
Subjek: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Teknik Industri > (S1) Teknik Industri
Depositing User: Indah Lestari
Date Deposited: 28 Aug 2025 03:13
Last Modified: 28 Aug 2025 03:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43566

Actions (login required)

View Item View Item