Agwintya, Selvania Diaz Rizky (2025) PENGARUH TOURIST ENGAGEMENT TERHADAP MEMORABLE TOURISM EXPERIENCE DAN TOURIST SATISFACTION SERTA DAMPAKNYA PADA REVISIT INTENTION (Studi pada Wisatawan yang Sedang Berkunjung ke Saloka Theme Park, Kabupaten Semarang). Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
![]() |
Text
Cover_ 152210078_Selvania Diaz Rizky Agwintya.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text
Abstrak_ 152210078_Selvania Diaz Rizky Agwintya.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi_ 152210078_Selvania Diaz Rizky Agwintya.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka_ 152210078_Selvania Diaz Rizky Agwintya.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan_ 152210078_Selvania Diaz Rizky Agwintya.pdf Download (684kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_Fulltext_ 152210078_Selvania Diaz Rizky Agwintya.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Selvania Diaz Rizky Agwintya, Nomor Induk Mahasiswa 152210078,
Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Judul penelitian
“Pengaruh Tourist Engagement Terhadap Memorable Tourism Experience dan
Tourist Satisfaction Serta Dampaknya Pada Revisit Intention (Studi Pada
Wisatawan Yang Sedang Berkunjung ke Saloka Theme Park, Kabupaten
Semarang)”. Dosen pembimbing Eny Endah Pujiastuti.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Tourist Engagement
Terhadap Memorable Tourism Experience dan Tourist Satisfaction Serta
Dampaknya Pada Revisit Intention (Studi Pada Wisatawan Yang Sedang
Berkunjung ke Saloka Theme Park). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
wisatawan yang sedang berkunjung ke Saloka Theme Park yang jumlah
populasinya tidak diketahui secara pasti. Penelitian ini menggunakan tipe
explanatory dengan menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini
adalah wisatawan yang sedang berkunjung ke Saloka Theme Park. Ukuran sampel
dengan 138 responden didapatkan dari perhitungan rumus Machin, Capmbell, Tan,
dan Tan. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobality sampling. Teknik
analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan data tabel dan
persentasi, serta analisis statistik inferensial menggunakan SEM AMOS dan Uji
Sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel tourist engagement
berpengaruh signifikan terhadap memorable tourism experience, tourist
engagement berpengaruh signifikan terhadap tourist satisfaction, memorable
tourism experience berpengaruh signifikan terhadap tourist satisfaction,
memorable tourism experience berpengaruh signifikan terhadap revisit intention,
tourist satisfaction berpengaruh signifikan terhadap revisit intention, tourist
engagement berpengaruh signifikan terhadap revisit intention, tourist engagement
berpengaruh signifikan terhadap revisit intention melalui memorable tourism
experience, tourist engagement berpengaruh signifikan terhadap revisit intention
melalui tourist satisfaction, tourist engagement berpengaruh signifikan terhadap
tourist satisfaction melalui memorable tourism experience, memorable tourism
experience berpengaruh signifikan terhadap revisit intention melalui tourist
satisfaction. Berdasarkan hasil penelitian, Saloka Theme Park harus mampu
mempertahankan dan meningkatkan keterlibatan pengunjung agar wisatawan
mendapatkan pengalaman yang berkesan dan akan meraskaan kepuasan saat
melakukan kunjungaan sehingga mampu meningkatkan keinginan wisatawan untuk
mengunjungi kembali destinasi wisata tersebut.
Kata Kunci: Tourist Engagement, Memorable Tourism Experience, Tourist
Satisfaction Revisit Intention
Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tourist Engagement, Memorable Tourism Experience, Tourist Satisfaction Revisit Intention |
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 06:10 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 06:10 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43546 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |