MODEL KOMUNIKASI KEBIJAKAN PREVENTIF MALADMINISTRASI LEMBAGA PEMERINTAHAN DAN BADAN USAHA OLEH LEMBAGA OMBUDSMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Ariyono, Fitra (2025) MODEL KOMUNIKASI KEBIJAKAN PREVENTIF MALADMINISTRASI LEMBAGA PEMERINTAHAN DAN BADAN USAHA OLEH LEMBAGA OMBUDSMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Tesis thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2.COVER 253231013 FITRA ARI YONO.pdf] Text
2.COVER 253231013 FITRA ARI YONO.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 3.ABSTRAK 253231013 FITRA ARI YONO.pdf] Text
3.ABSTRAK 253231013 FITRA ARI YONO.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 4.HALAMAN PENGESAHAN 253231013 FITRA ARI YONO.pdf] Text
4.HALAMAN PENGESAHAN 253231013 FITRA ARI YONO.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 5.DAFTAR ISI 253231013 FITRA ARI YONO.pdf] Text
5.DAFTAR ISI 253231013 FITRA ARI YONO.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 6.DAFTAR PUSTAKA 253231013 FITRA ARI YONO.pdf] Text
6.DAFTAR PUSTAKA 253231013 FITRA ARI YONO.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 1.TESIS FULL 253231013 FITRA ARI YONO.pdf] Text
1.TESIS FULL 253231013 FITRA ARI YONO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://upnyk.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji model komunikasi kebijakan preventif maladministrasi yang dilakukan oleh Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta (LO DIY) dalam pengawasan pelayanan publik. Fokus utama penelitian ini adalah menganalisis bagaimana strategi komunikasi dijalankan secara kelembagaan untuk mencegah terjadinya maladministrasi, serta bagaimana efektivitas upaya preventif tersebut diinternalisasikan dalam sistem kinerja kelembagaan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif fenomenologi dengan menggunakan dua teori utama sebagai landasan analisis, yaitu teori komunikasi masyarakat dan teori perencanaan komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LO DIY telah menyusun kebijakan kelembagaan secara sistematis melalui rencana strategis yang terbagi ke dalam empat tahapan, mencakup pelestarian program, pengembangan jaringan, pembentukan simpul pengawasan, hingga upaya keberlanjutan kelembagaan. Program-program preventif yang dijalankan meliputi sosialisasi kelembagaan, audit sosial, audiensi, review kebijakan, dan partisipasi dalam tim formulasi regulasi. Namun, tantangan utama yang dihadapi adalah belum adanya sistem formal yang mengakomodasi aktivitas preventif sebagai indikator kinerja kelembagaan. Oleh karena itu, dibutuhkan model komunikasi kebijakan yang strategis dan partisipatif antara Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta (LO DIY) dengan Biro Hukum Sekretariat Daerah DIY, serta Badan Perencanaan Pembangunan Riset dan Inovasi Daerah DIY (BAPPERIDA DIY) untuk melegitimasi program preventif sebagai produk akhir kelembagaan. Penelitian ini merekomendasikan pembentukan forum komunikasi lintas institusi yang berfungsi sebagai ruang deliberatif dalam penyusunan sistem indikator kinerja preventif berbasis outcome.

Kata Kunci: Model Komunikasi, Kebijakan Preventif, Maladministrasi, LO DIY.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Fitra Ariyono (Penulis - 253231013) ; Edwi Arief Sosiawan (Pembimbing 1) ; Prayudi (Pembimbing 2)
Uncontrolled Keywords: Model Komunikasi, Kebijakan Preventif, Maladministrasi, LO DIY.
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Komunikasi (S2)
Depositing User: Bayu Pambudi
Date Deposited: 23 Jul 2025 04:28
Last Modified: 23 Jul 2025 04:28
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43231

Actions (login required)

View Item View Item