DAHLAN, SYARIFAH AINI (2025) EVALUASI KAMPANYE “JOGJA QRISTIMEWA” DALAM MENINGKATKAN IMPLEMENTASI SISTEM PEMBAYARAN NONTUNAI QRIS PADA PELAKU UMKM DI YOGYAKARTA. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
![]() |
Text
1. Skripsi Fulltext_153210073_Syarifah Aini Dahlan.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
2. Cover_153210073_Syarifah Aini Dahlan.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
3. Abstrak_153210073_Syarifah Aini Dahlan.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text
4. Lembar Pengesahan_153210073_Syarifah Aini Dahlan.pdf Download (265kB) |
![]() |
Text
5. Daftar Isi_153210073_Syarifah Aini Dahlan.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
6. Daftar Pustaka_153210073_Syarifah Aini Dahlan.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
PANDUAN MENGAKSES DTS FULL.pdf Download (861kB) |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh tantangan implementasi QRIS yang signifikan di kalangan
UMKM dan pedagang pasar tradisional. Data dari Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh
Indonesia (APPSI) tahun 2024 menunjukkan tingkat adopsi QRIS yang masih rendah
di kalangan pelaku UMKM dan pedagang pasar tradisional, yaitu hanya sekitar 5%.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan evaluasi proses dan
outcomes Kampanye “Jogja QRIStimewa” yang diinisiasi oleh Kantor Perwakilan
Bank Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta dalam upaya meningkatkan
implementasi sistem pembayaran nontunai QRIS pada pedagang dan pelaku UMKM
di Yogyakarta. Metode yang digunakan untuk memecahkan tujuan penelitian ini adalah
metode kualitatif dengan pendekatan interpretatif. Teknik pengumpulan data yang
digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Evaluasi proses kampanye
menunjukkan keberhasilan yang bervariasi. Aspek terpaan dan bingkai media dinilai
baik dalam menjangkau audiens dan memanfaatkan media. Kampanye juga berhasil
membentuk perubahan perilaku di tingkat individu (peningkatan merchant QRIS) dan
kebijakan publik (penghapusan biaya MDR). Namun, perubahan perilaku individu
belum menyeluruh akibat keterbatasan kemampuan dalam mengakses teknologi.
Evaluasi outcomes kampanye menunjukkan dampak yang beragam. Pengetahuan dan
kesadaran mengenai QRIS meningkat, meskipun belum merata karena keterbatasan
keterampilan teknologi. Kendati demikian, kampanye berhasil memicu perubahan
kebijakan di tingkat Bank Indonesia dan pemerintah daerah. Secara keseluruhan,
Kampanye “Jogja QRIStimewa” berkontribusi positif dalam mendorong adopsi QRIS.
Akan tetapi, untuk implementasi yang lebih luas dan efektif masih belum tercapai.
Kata Kunci: Evaluasi Proses, Evaluasi Outcomes, Kampanye, QRIS, Bank
Indonesia, UMKM
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | SYARIFAH AINI DAHLAN (Penulis-153210073) ; Sika Nur Indah (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Proses, Evaluasi Outcomes, Kampanye, QRIS, Bank Indonesia, UMKM |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | A.Md Eko Suprapti |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 02:27 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 02:27 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43002 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |