KOMUNIKASI PARTISIPATIF PADA PENGEMBANGAN DESA WISATA KARANGBANAR KABUPATEN CILACAP

SALSABILA, AMALIA (2024) KOMUNIKASI PARTISIPATIF PADA PENGEMBANGAN DESA WISATA KARANGBANAR KABUPATEN CILACAP. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_153210060_Amalia Salsabila.pdf] Text
Cover_153210060_Amalia Salsabila.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of Abstrak_153210060_Amalia Salsabila.pdf] Text
Abstrak_153210060_Amalia Salsabila.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan_153210060_Amalia Salsabila.pdf] Text
Halaman Pengesahan_153210060_Amalia Salsabila.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of Daftar Isi_153210060_Amalia Salsabila.pdf] Text
Daftar Isi_153210060_Amalia Salsabila.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_153210060_Amalia Salsabila.pdf] Text
Daftar Pustaka_153210060_Amalia Salsabila.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of Skripsi Fulltext_153210060_Amalia Salsabila.pdf] Text
Skripsi Fulltext_153210060_Amalia Salsabila.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Program desa wisata menjadi salah satu penggerak utama masyarakat desa untuk
mengembangkan potensi wisatanya. Dalam pengembangan desa wisata komunikasi
yang melibatkan semua pihak menjadi penting untuk keberlanjutan program.
Kabupaten Cilacap yang merupakan kabupaten terluas di Jawa Tengah memiliki
total tiga puluh desa wisata. Desa wisata satu-satunya yang meraih kategori
berkembang ialah Desa Wisata Karangbanar di Kecamatan Nusawungu. Penelitian
ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana komunikasi partisipatif diterapkan
dalam pengembangan Desa Wisata Karangbanar di Kabupaten Cilacap. Temuan
dari penelitian ini menunjukkan penerapan komunikasi partisipatif dilakukan
melalui adanya komunikasi gabungan baik monolog maupun dialog secara
langsung atau dengan perantara media, ketersediaan ruang untuk menyampaikan
pendapat melalui pokdarwis, pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan
keterampilan, dan evaluasi melalui pertemuan formal dan non formal. Keberadaan
Key Opinion Leader (KOL) menjadi salah satu kunci pengembangan Desa Wisata
Karangbanar. Pengembangan desa wisata ini juga diperkuat dengan sistem
penyertaan modal yang mendukung partisipasi masyarakat, keterbukaan, dan
pencegahan monopoli. Pengembangan berbasis komunikasi partisipatif ini dapat
menjadi contoh bagi pengembangan desa wisata lainnya di Indonesia, dengan fokus
pada keterlibatan masyarakat, transparansi, dan komitmen untuk menjamin
keberlanjutan dan pengembangan desa wisata.
Kata Kunci: Desa Wisata. Komunikasi Partisipatif, Pemberdayaan Masyarakat,
Pengembangan Pariwisata

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Desa Wisata. Komunikasi Partisipatif, Pemberdayaan Masyarakat, Pengembangan Pariwisata
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Eko Suprapti
Date Deposited: 23 Jun 2025 02:14
Last Modified: 23 Jun 2025 02:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42778

Actions (login required)

View Item View Item