Fauzi, M. Luthfi (2025) ANALISIS PERSONAL BRANDING KREATOR KONTEN MAELL LEE DALAM MEMBENTUK CITRA MELALUI PLATFORM YOUTUBE. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
![]() |
Text
2.Cover_153190126_M.Luthfi Fauzi.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
3.Abstrak_153190126_M.Luthfi Fauzi.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
4.Halaman Pengesahan_153190126_M.Luthfi Fauzi.pdf Download (248kB) |
![]() |
Text
5.Daftar Isi_153190126_M.Luthfi Fauzi.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text
6.Daftar Pustaka_153190126_M.Luthfi Fauzi.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
1.Skripsi full_153190126_M. Luthfi Fauzi.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Personal branding merupakan proses penting dalam menciptakan citra diri yang
kuat dan konsisten di dunia digital, khususnya bagi individu yang berprofesi
sebagai content creator. Salah satu content creator yang sukses dalam membangun
personal branding adalah Maell Lee, seorang YouTuber yang dikenal melalui
berbagai konten kreatif dan tidak biasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menganalisis personal branding Maell Lee sebagai kreator konten dalam
membentuk citra melalui platform Youtube. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, dan juga melakukan analisis
terhadap 6 sampel konten Maell Lee pada channel Youtube nya dengan koding
terbuka dan aksial. Hasil dari teknik analisa koding tersebut menghasilkan elemen
personal branding dengan jumlah kemunculan terbanyak pada setiap videonya yang
kemudian digabungkan dengan konsep personal branding Peter Montoya. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Personal Branding Maell Lee sebagai kreator
konten dalam membangun citranya memiliki dua konsep yang paling diunggulkan
yaitu the law of distinctiveness dan the Law of Specialization. the law of
distinctiveness (perbedaan) menjadi salah satu faktor penting dalam menciptakan
citra personal branding yang berhasil sehingga mudah dikenali dan dibedakan dari
merek lainnya. Menurut Aaker, sebuah pribadi yang efektif harus memiliki kualitas
yang membedakan dirinya dari orang lain. Tanpa adanya karakteristik yang jelas
dan unik, seseorang tidak akan dapat membangun citra yang kuat dan mudah
dikenali. Maell Lee sebagai kreator konten bisa memberika karakter dan gaya
komedi yang berbeda dengan yang lainnya dan ditambah dengan spesialisasi nya
dalam melakukan humor komedi yang tidak biasa. Hal tersebut yang menjadikan
salah satu faktor utama personal branding Maell Lee dalam membentuk citra
karakternya.
Kata Kunci: Personal Branding, Maell Lee, Youtube, Koding, Kreator konten
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Personal Branding, Maell Lee, Youtube, Koding, Kreator konten |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | A.Md Eko Suprapti |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 02:42 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 02:42 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42699 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |