PENERAPAN MODEL MATRIKS SWOT DAN QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIKS) DALAM PERUMUSAN STRATEGI BERSAING PADA USAHA KULINER (Studi pada Rumah Makan Pondok Bakaran Yogyakarta)

MAHESWARA, INDRASTATA BAGAS (2025) PENERAPAN MODEL MATRIKS SWOT DAN QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIKS) DALAM PERUMUSAN STRATEGI BERSAING PADA USAHA KULINER (Studi pada Rumah Makan Pondok Bakaran Yogyakarta). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of COVER_152200025_IndrastataBagasMaheswara.pdf] Text
COVER_152200025_IndrastataBagasMaheswara.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of ABSTRAK_152200025_IndrastataBagasMaheswara.pdf] Text
ABSTRAK_152200025_IndrastataBagasMaheswara.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN_152200025_IndrastataBagasMaheswaraIndrastata Bagas Maheswara-halaman.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN_152200025_IndrastataBagasMaheswaraIndrastata Bagas Maheswara-halaman.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of Daftar isi_152200025_IndrastataBagasMaheswaraIndrastata Bagas Maheswara-halaman.pdf] Text
Daftar isi_152200025_IndrastataBagasMaheswaraIndrastata Bagas Maheswara-halaman.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of daftar pustaka_152200025_IndrastataBagasMaheswara.pdf] Text
daftar pustaka_152200025_IndrastataBagasMaheswara.pdf

Download (479kB)
[thumbnail of FULL TEXT_152200025_IndrastataBagasMaheswaraIndrastata Bagas Maheswara.pdf] Text
FULL TEXT_152200025_IndrastataBagasMaheswaraIndrastata Bagas Maheswara.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://upnyk.ac.id/

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui posisi Pondok Bakaran Resto berdasarkan matriks SWOT dan Menyusun strategi bersaing yang tepat bagi Pondok Bakaran Resto berdasarkan metode analisis matriks QSPM. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner tertutup pada 26 informan. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yang meliputi Tahap Input (Input stage): Matriks IFE dan EFE, Tahap pencocokan (Matching Stage): Diagram SWOT dan Matriks SWOT, dan tahap Keputusan (Decision Stage): QSPM (Quantitive Strategic Planning Matrix).

Hasil analisis diagram SWOT menyatakan bahwa posisi Pondok Bakaran Resto berada pada kuadran I dengan hasil IFE sebesar 3,025 Dan EFE sebesar 2,772 dari hasil matriks SWOT diperoleh alternatif strategi yang merupakan strategi S-O (Strength�Opportunities), yaitu strategi meluncurkan program loyalitas pelanggan yang berbasis pada promosi harian, memanfaatkan promosi harian yang menarik untuk bekerja sama dengan influencer dan platform pesan antar makanan, menciptakan kampanye pemasaran digital yang viral, bekerja sama dengan influencer dan vendor wedding organizer untuk mempromosikan produk baru dan menarik pelanggan baru, terutama untuk acara-acara khusus seperti pernikahan, dan membuat paket makanan beku premium yang menggunakan bahan baku berkualitas tinggi dan inovasi rasa, lalu mempromosikannya melalui platform pesan antar makanan dan bekerja sama dengan supermarket lokal.

Saran yang dapat diterapkan pada Pondok Bakaran Resto berdasarkan strategi diferensiasi yaitu dengan menciptakan berbagai menu daging lain, berbagai macam sambal, dan menu untuk anak-anak.

Kata Kunci: Manajemen Strategi, Strategi Bersaing, SWOT, QSPM

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: INDRASTATA BAGAS MAHESWARA (Penulis - 152200025) ; Indro Herry Mulyanto (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi, Strategi Bersaing, SWOT, QSPM
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Bayu Setya Pambudi
Date Deposited: 19 May 2025 02:30
Last Modified: 19 May 2025 02:30
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42547

Actions (login required)

View Item View Item