MAHESWARA, INDRASTATA BAGAS (2025) PENERAPAN MODEL MATRIKS SWOT DAN QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIKS) DALAM PERUMUSAN STRATEGI BERSAING PADA USAHA KULINER (Studi pada Rumah Makan Pondok Bakaran Yogyakarta). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
![]() |
Text
COVER_152200025_IndrastataBagasMaheswara.pdf Download (486kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK_152200025_IndrastataBagasMaheswara.pdf Download (376kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN_152200025_IndrastataBagasMaheswaraIndrastata Bagas Maheswara-halaman.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text
Daftar isi_152200025_IndrastataBagasMaheswaraIndrastata Bagas Maheswara-halaman.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka_152200025_IndrastataBagasMaheswara.pdf Download (479kB) |
![]() |
Text
FULL TEXT_152200025_IndrastataBagasMaheswaraIndrastata Bagas Maheswara.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui posisi Pondok Bakaran Resto berdasarkan matriks SWOT dan Menyusun strategi bersaing yang tepat bagi Pondok Bakaran Resto berdasarkan metode analisis matriks QSPM. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner tertutup pada 26 informan. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yang meliputi Tahap Input (Input stage): Matriks IFE dan EFE, Tahap pencocokan (Matching Stage): Diagram SWOT dan Matriks SWOT, dan tahap Keputusan (Decision Stage): QSPM (Quantitive Strategic Planning Matrix).
Hasil analisis diagram SWOT menyatakan bahwa posisi Pondok Bakaran Resto berada pada kuadran I dengan hasil IFE sebesar 3,025 Dan EFE sebesar 2,772 dari hasil matriks SWOT diperoleh alternatif strategi yang merupakan strategi S-O (Strength�Opportunities), yaitu strategi meluncurkan program loyalitas pelanggan yang berbasis pada promosi harian, memanfaatkan promosi harian yang menarik untuk bekerja sama dengan influencer dan platform pesan antar makanan, menciptakan kampanye pemasaran digital yang viral, bekerja sama dengan influencer dan vendor wedding organizer untuk mempromosikan produk baru dan menarik pelanggan baru, terutama untuk acara-acara khusus seperti pernikahan, dan membuat paket makanan beku premium yang menggunakan bahan baku berkualitas tinggi dan inovasi rasa, lalu mempromosikannya melalui platform pesan antar makanan dan bekerja sama dengan supermarket lokal.
Saran yang dapat diterapkan pada Pondok Bakaran Resto berdasarkan strategi diferensiasi yaitu dengan menciptakan berbagai menu daging lain, berbagai macam sambal, dan menu untuk anak-anak.
Kata Kunci: Manajemen Strategi, Strategi Bersaing, SWOT, QSPM
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | INDRASTATA BAGAS MAHESWARA (Penulis - 152200025) ; Indro Herry Mulyanto (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Strategi, Strategi Bersaing, SWOT, QSPM |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Bayu Setya Pambudi |
Date Deposited: | 19 May 2025 02:30 |
Last Modified: | 19 May 2025 02:30 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42547 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |