PENGARUH INFLUENCER MARKETING, HEDONIC MOTIVATION, DAN PERCEIVED EASE OF USE TERHADAP PURCHASE DECISION PADA KONSUMEN MEREK SOMETHINC DI TIKTOK SHOP DIMEDIASI FEAR OF MISSING OUT (FOMO)

MUFTIYANI, DEA (2025) PENGARUH INFLUENCER MARKETING, HEDONIC MOTIVATION, DAN PERCEIVED EASE OF USE TERHADAP PURCHASE DECISION PADA KONSUMEN MEREK SOMETHINC DI TIKTOK SHOP DIMEDIASI FEAR OF MISSING OUT (FOMO). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of COVER_141210073_DEA MUFTIYANI.pdf] Text
COVER_141210073_DEA MUFTIYANI.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of ABSTRAK_141210073_DEA MUFTIYANI.pdf] Text
ABSTRAK_141210073_DEA MUFTIYANI.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN_141210073_DEA MUFTIYANI.pdf] Text
HALAMAN PENGESAHAN_141210073_DEA MUFTIYANI.pdf

Download (465kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI_141210073_DEA MUFTIYANI.pdf] Text
DAFTAR ISI_141210073_DEA MUFTIYANI.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_141210073_DEA MUFTIYANI.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_141210073_DEA MUFTIYANI.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of SKIRPSI FULLTEXT_141210073_DEA MUFTIYANI.pdf] Text
SKIRPSI FULLTEXT_141210073_DEA MUFTIYANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://upnyk.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh influencer marketing, hedonic shopping motivation, dan perceived ease of use terhadap keputusan pembelian (purchase decision), dengan fear of missing out (FoMO) sebagai variabel mediasi pada produk Somethinc di TikTok Shop pada Generasi Z. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner daring menggunakan Google Form. Sampel penelitian terdiri dari 115 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengukuran variabel dilakukan menggunakan skala Likert, dan analisis data dilakukan dengan perangkat lunak SmartPLS versi 4.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Influencer marketing, hedonic shopping motivation, dan perceived ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian; (2) Hedonic shopping motivation memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap FoMO; (3) Influencer marketing berpengaruh negatif dan signifikan terhadap FoMO; (4) FoMO berdampak positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian; (5) Hedonic shopping motivation secara tidak langsung memengaruhi keputusan pembelian melalui FoMO sebagai variabel mediasi; dan (6) Influencer marketing terbukti memiliki pengaruh negatif terhadap keputusan pembelian melalui FoMO sebagai variabel mediasi.Temuan ini memberikan wawasan bagi pemasar mengenai peran FoMO dalam menjembatani pengaruh hedonic shopping motivation dan influencer marketing terhadap keputusan pembelian. Selain itu, hasil penelitian ini dapat menjadi dasar bagi strategi pemasaran digital di platform e-commerce berbasis media sosial.

Kata kunci: Influencer marketing, hedonic shopping motivation, perceived ease of use, fear of missing out (FoMO), purchase decision, TikTok Shop, Generasi Z.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: DEA MUFTIYANI (Penulis - 141210073) ; Hadi Oetomo (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Influencer marketing, hedonic shopping motivation, perceived ease of use, fear of missing out (FoMO), purchase decision, TikTok Shop, Generasi Z.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Bayu Setya Pambudi
Date Deposited: 16 May 2025 01:19
Last Modified: 16 May 2025 01:19
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42516

Actions (login required)

View Item View Item