WAYROOY, NANDA DWI PUSPITA (2025) MODEL KOMUNIKASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT THE BODY SHOP MALL PAKUWON DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MENGHADAPI KOMPETITOR DI ERA 5.0. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
![]() |
Text
2_Cover_253222017_Nanda Dwi Puspita Wayrooy.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text
3_Abstrak__253222017_Nanda Dwi Puspita Wayrooy.pdf Download (255kB) |
![]() |
Text
4_Halaman Pengesahan__253222017_Nanda Dwi Puspita Wayrooy.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
5_Daftar Isi_253222017_Nanda Dwi Puspita Wayrooy.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text
6_Daftar Pustaka_253222017_Nanda Dwi Puspita Wayrooy.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
1_Tesis Full_253222017_Nanda Dwi Puspita Wayrooy.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalis serta menemukan model komunikasi Customer
Relationship Management yang dilakukan oleh The Body Shop Mall Pakuwon DIY dalam
menghadapi kompetitor sebagai upaya mempertahankan loyalitas pelanggan di era industri
5.0. Perkembangan kosmetik dan perawatan tubuh di Indonesia mengalami perkembangan
yang sangat pesat sejak tahun 2021-2024. The Body Shop merupakan salah satu brand
global yang menjual produk perawatan tubuh dihadapkan dengan persaingan bersama
brand lokal dan brand global, sehingga The Body Shop perlu melakukan Customer
Relationship Management untuk mempertahankan loyalitas pelanggannya dengan
memanfaatkan teknologi dan saluran media untuk membentuk loyalitas pelanggannya di
era industri 5.0. Penelitian ini menggunakan metode penelitian fenomenologi.
Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi.
Hasil penelitian ini menunjukan model komunikasi Customer Relationship Management
yang dilakukan oleh The Body Shop yaitu berfokus memberikan pelayanan secara
personalized dengan teknik 3I yaitu Information, Issues, dan Insight. Selain itu, CRM
dilakukan dengan berfokus kepada pengalaman dengan penggunaan AI yang dinamakan
Skin Analyzer, The Body Shop Mall Pakuwon DIY menghadirkan program Whatsapp by
Staff yang hadir untuk memudahkan pelanggannya dalam melakukan konsultasi secara
online, membeli produk, dan interaksi lainnya seperti informasi adanya special event dan
program seperti Pampering Service dan Advanced Service. Pelanggan melakukan loyalitas
pelanggan dikarenakan beberapa faktor seperti pengalaman yang diberikan, staff yang
berinteraksi dengan baik, produk yang cocok dengan pelanggan, tetap komitmen dengan
menjaga nilai-nilai keberlanjutan, hingga kenyamanan saat mengunjungi gerai.
Kata Kunci: Marketing, Customer Relationship Management, Loyalitas Pelanggan,
Pengalaman Pelanggan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Marketing, Customer Relationship Management, Loyalitas Pelanggan, Pengalaman Pelanggan. |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | A.Md Eko Suprapti |
Date Deposited: | 02 May 2025 06:25 |
Last Modified: | 02 May 2025 06:25 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42503 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |