Khoiryyah, Maftuhatul (2025) STRATEGI PEMASARAN BANDENG PRESTO PADA UD RINDANG HJ SURYATI DENGAN PENDEKATAN BLUE OCEAN STRATEGY DI KECAMATAN JUWANA KABUPATEN PATI. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
![]() |
Text
2. COVER.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (391kB) |
![]() |
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
1. SKRIPSI FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
UD Rindang Hj Suryati merupakan produsen bandeng presto di Kecamatan Juwana
yang masih menggunakan proses produksi tradisional. Tingginya persaingan dan
diikuti pengelolaan sosial media yang tidak optimal berdampak pada jangkauan
pasar yang masih sempit. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor
internal dan faktor eksternal UD Rindang Hj Suryati untuk merumuskan strategi
yang sesuai dengan posisi perusahaan; menganalisis strategi pemasaran terbaik
pada produk bandeng presto UD Rindang Hj Suryati menggunakan pendekatan
Blue Ocean Strategy. Jenis penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif melalui
studi kasus. Metode penentuan responden, yaitu purposive untuk responden internal
dan non probability sampling untuk responden eksternal. Metode pengumpulan
data melalui observasi, wawancara, kuesioner, FGD dan dokumentasi. Teknik
analisis menggunakan analisis IFE dan EFE, Matriks IE, serta Blue Ocean Strategy
dengan kanvas strategi dan skema ERRC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UD
Rindang Hj Suryati memiliki faktor internal kekuatan tertinggi, yaitu memiliki
sertifikasi halal MUI dan menggunakan proses produksi tradisional. Faktor internal
kelemahan tertinggi, yaitu pemasaran online yang belum terstruktur dan teratur.
Faktor eksternal peluang tertinggi, yaitu ketersediaan bahan baku yang dekat dan
melimpah, serta menerima pesanan secara langsung maupun tidak langsung. Faktor
eksternal ancaman tertinggi, yaitu tidak ada ekspedisi yang mendukung untuk
pengiriman produk basah di Kecamatan Juwana. Berdasarkan matriks IE, UD
Rindang Hj Suryati berada pada kuadran 4 sehingga strategi yang tepat adalah
strategi intensif melalui penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan
produk. Rumusan strategi dengan pendekatan Blue Ocean Strategy yang tepat, yaitu
meningkatkan branding and engagement melalui instagram; meningkatan
kompetensi tenaga kerja dalam menciptakan inovasi produk dan layanan kepada
konsumen; meningkatkan visual design kemasan; menciptakan inovasi produk
bandeng presto vakum; serta membuka market place sebagai sarana penjualan
produk.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Bandeng Presto, Matriks IE, Blue Ocean
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Maftuhatul Khoiryyah (135210053) ; Dwi Aulia Puspitaningrum (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, Bandeng Presto, Matriks IE, Blue Ocean |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences |
Depositing User: | A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 02:03 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 02:03 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42476 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |