BERLIANA, MONICA GHEFIRA (2025) PENGARUH GAYA HIDUP, KEMUDAHAN PENGGUNAAN QRIS, DAN HEDONIC SHOPPING MOTIVATION TERHADAP IMPULSIVE BUYING PENGGUNA QRIS PADA GEN-Z DI JOGJAKARTA. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN_MONICA GHEFIRA BERLIANA_NIM. 141210267.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK_MONICA GHEFIRA BERLIANA_NIM. 141210267.pdf Download (275kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN_MONICA GHEFIRA BERLIANA_NIM. 141210267.pdf Download (406kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI_MONICA GHEFIRA BERLIANA_NIM. 141210267.pdf Download (57kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA_MONICA GHEFIRA BERLIANA_NIM. 141210267.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL_MONICA GHEFIRA BERLIANA_NIM. 141210267.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Saat ini, penggunaan metode pembayaran digital seperti QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) semakin meningkat, terutama di kalangan generasi Z yang sangat akrab dengan teknologi dan memiliki kebiasaan berbelanja secara online. Fenomena ini menciptakan pola perilaku konsumen yang cenderung lebih impulsif, didorong oleh gaya hidup yang mengutamakan kemudahan, kenyamanan, dan kesenangan dalam berbelanja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya hidup, kemudahan penggunaan QRIS, dan hedonic shopping motivation terhadap impulsive buying pengguna QRIS pada Gen-Z di Jogjakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 400 responden yang merupakan Gen-Z yang pernah melakukan pembayaran dengan metode QRIS di wilayah Jogjakarta. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda untuk menguji hubungan antara variabel-variabel yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup, kemudahan penggunaan QRIS, dan hedonic shopping motivation memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying. Temuan ini mengindikasikan bahwa faktor-faktor gaya hidup yang cenderung berfokus pada teknologi, kemudahan akses dalam penggunaan QRIS, serta dorongan hedonic shopping motivation dapat meningkatkan kecenderungan impulsive buying di kalangan Gen-Z.
Kata Kunci: Gaya Hidup, Gen-Z, Hedonic Shopping Motivation, Impulsive Buying Kemudahan Penggunaan QRIS.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | MONICA GHEFIRA BERLIANA (Penulis - 141210267) ; Herlina Dyah Kuswanti (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Gaya Hidup, Gen-Z, Hedonic Shopping Motivation, Impulsive Buying Kemudahan Penggunaan QRIS. |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Bayu Setya Pambudi |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 01:47 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 01:47 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42467 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |