Model Komunikasi Pemasaran Digital Bisnis Clothing Line (Studi Pada Akun Instagram dan Tiktok Starcrossclothing)

Shafly, Muhammad Faris (2025) Model Komunikasi Pemasaran Digital Bisnis Clothing Line (Studi Pada Akun Instagram dan Tiktok Starcrossclothing). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2_Cover_253222013_Muhammad Faris Shafly.pdf] Text
2_Cover_253222013_Muhammad Faris Shafly.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 3_Abstrak_253222013_Muhammad Faris Shafly.pdf] Text
3_Abstrak_253222013_Muhammad Faris Shafly.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of 4_Halaman Pengesahan_253222013_Muhammad Faris Shafly.pdf] Text
4_Halaman Pengesahan_253222013_Muhammad Faris Shafly.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of 5_Daftar Isi_253222013_Muhammad Faris Shafly.pdf] Text
5_Daftar Isi_253222013_Muhammad Faris Shafly.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of 6_Daftar Pustaka_253222013_Muhammad Faris Shafly.pdf] Text
6_Daftar Pustaka_253222013_Muhammad Faris Shafly.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 1_Tesis Full_253222013_Muhammad Faris Shafly.pdf] Text
1_Tesis Full_253222013_Muhammad Faris Shafly.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://upnyk.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan menemukan model komunikasi pemasaran digital yang diterapkan oleh Starcross, sebuah bisnis clothing line, melalui platform media sosial Instagram dan TikTok. Menggunakan model RACE (Reach, Act, Convert, Engage), penelitian ini mengeksplorasi bagaimana strategi social media marketing dapat meningkatkan keterlibatan konsumen serta memperkuat brand awareness. Metode Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pegumpulan data dari obsevasi dan wawancara.Hasil penelitian menemukan model RACE yang digunakan Starcross dalam memanfaatkan Instagram dan TikTok emiliki relevansi kuat dengan teori dan penelitian sebelumnya, terutama dalam konteks industri fashion. Starcross berhasil meningkatkan interaksi konsumen dan memperluas jangkauan mereknya melalui konten kreatif dan strategi interaktif di kedua platform tersebut. efektivitas social media marketing tidak bersifat universal, melainkan sangat bergantung pada karakteristik industri, target pasar, serta bagaimana strategi tersebut diimplementasikan. Temuan ini menggaris bawahi pentingnya adaptasi strategi pemasaran digital terhadap konteks spesifik setiap bisnis. Starcross menjadi contoh yang berhasil dalam mengintegrasikan teori pemasaran digital dengan praktik yang tepat untuk mencapai kesuksesan dalam industri yang kompetitif. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan model komunikasi pemasaran digital, khususnya di industri clothing line.

Kata Kunci: clothing line, Instagram, komunikasi pemasaran, social media marketing, TikTok

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Muhammad Faris Shafly (253222013) ; Puji Lestari (Pembimbing 1) ; Edwi Arief Sosiawan (Pembimbing 2)
Uncontrolled Keywords: clothing line, Instagram, komunikasi pemasaran, social media marketing, TikTok
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Bayu Setya Pambudi
Date Deposited: 11 Apr 2025 02:08
Last Modified: 11 Apr 2025 02:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42332

Actions (login required)

View Item View Item