Shafly, Muhammad Faris (2025) Model Komunikasi Pemasaran Digital Bisnis Clothing Line (Studi Pada Akun Instagram dan Tiktok Starcrossclothing). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
![]() |
Text
2_Cover_253222013_Muhammad Faris Shafly.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text
3_Abstrak_253222013_Muhammad Faris Shafly.pdf Download (422kB) |
![]() |
Text
4_Halaman Pengesahan_253222013_Muhammad Faris Shafly.pdf Download (447kB) |
![]() |
Text
5_Daftar Isi_253222013_Muhammad Faris Shafly.pdf Download (52kB) |
![]() |
Text
6_Daftar Pustaka_253222013_Muhammad Faris Shafly.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
1_Tesis Full_253222013_Muhammad Faris Shafly.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menemukan model komunikasi pemasaran digital yang diterapkan oleh Starcross, sebuah bisnis clothing line, melalui platform media sosial Instagram dan TikTok. Menggunakan model RACE (Reach, Act, Convert, Engage), penelitian ini mengeksplorasi bagaimana strategi social media marketing dapat meningkatkan keterlibatan konsumen serta memperkuat brand awareness. Metode Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pegumpulan data dari obsevasi dan wawancara.Hasil penelitian menemukan model RACE yang digunakan Starcross dalam memanfaatkan Instagram dan TikTok emiliki relevansi kuat dengan teori dan penelitian sebelumnya, terutama dalam konteks industri fashion. Starcross berhasil meningkatkan interaksi konsumen dan memperluas jangkauan mereknya melalui konten kreatif dan strategi interaktif di kedua platform tersebut. efektivitas social media marketing tidak bersifat universal, melainkan sangat bergantung pada karakteristik industri, target pasar, serta bagaimana strategi tersebut diimplementasikan. Temuan ini menggaris bawahi pentingnya adaptasi strategi pemasaran digital terhadap konteks spesifik setiap bisnis. Starcross menjadi contoh yang berhasil dalam mengintegrasikan teori pemasaran digital dengan praktik yang tepat untuk mencapai kesuksesan dalam industri yang kompetitif. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan model komunikasi pemasaran digital, khususnya di industri clothing line.
Kata Kunci: clothing line, Instagram, komunikasi pemasaran, social media marketing, TikTok
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Muhammad Faris Shafly (253222013) ; Puji Lestari (Pembimbing 1) ; Edwi Arief Sosiawan (Pembimbing 2) |
Uncontrolled Keywords: | clothing line, Instagram, komunikasi pemasaran, social media marketing, TikTok |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Bayu Setya Pambudi |
Date Deposited: | 11 Apr 2025 02:08 |
Last Modified: | 11 Apr 2025 02:08 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42332 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |