SYARIFAH, ARLA FARRAS (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KEDAI SUKA-SUKA DI KELURAHAN KEBONDALEM KIDUL KECAMATAN PRAMBANAN KABUPATEN KLATEN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
![]() |
Text
Abstrak_135200086_Arla Farras Syarifah.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text
Cover_135200086_Arla Farras Syarifah.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan_135200086_Arla Farras Syarifah.pdf Download (348kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi_135200086_Arla Farras Syarifah.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka_135200086_Arla Farras Syarifah.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
Fulltext Skripsi_135200086_Arla Farras Syarifah.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi faktor internal dan faktor
eksternal yang dimiliki Kedai Suka-Suka, (2) Menganalisis strategi-strategi
alternatif pengembangan usaha Kedai Suka-Suka, (3) Menganalisis strategi
prioritas yang tepat untuk usaha Kedai Suka-Suka. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini, yaitu pendekatan deskriptif kuantitatif dengan jenis
penelitian studi kasus. Metode pengambilan responden dilakukan dengan
metode purposive sebanyak 4 responden. Jenis data yang digunakan adalah
data primer dan data sekunder. Metode pengambilan data menggunakan
wawancara, kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Analisis SWOT, dan
Analisis QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Faktor internal
dengan kekuatan utama yaitu menjalin hubungan yang baik dengan karyawan,
berada di lokasi yang strategis, dan menyediakan pembayaran tunai dan non
tunai. Kelemahan utama yaitu produk memiliki umur simpan yang pendek.
Faktor eksternal dengan peluang utamanya yaitu pemanfaatan teknologi
digital. Ancaman utamanya yaitu harga bahan baku yang tidak stabil. (2)
Strategi-strategi alternatif pengembangan usaha Kedai Suka-Suka yaitu
mengoptimalkan inovasi pengembangan varian produk, memperluas
pemasaran dengan memanfaatkan teknologi digital, dan menjaga hubungan
yang baik antara karyawan dengan konsumen. (3) Strategi prioritas yang tepat
untuk usaha Kedai Suka-Suka yaitu memperluas pemasaran dengan
memanfaatkan teknologi digital.
Kata Kunci: Analisis SWOT, Analisis QSPM, Kedai Suka-Suka, Strategi
Pengembangan Usaha,
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis SWOT, Analisis QSPM, Kedai Suka-Suka, Strategi Pengembangan Usaha, |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences |
Depositing User: | A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji |
Date Deposited: | 10 Apr 2025 02:09 |
Last Modified: | 10 Apr 2025 02:09 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42316 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |