IMPLEMENTASI METODE NAÏVE BAYES DENGAN SELEKSI FITUR CHI-SQUARE PADA ANALISIS SENTIMEN ULASAN PENGGUNA APLIKASI JASA EKSPEDISI (Studi Kasus : Lion Parcel)

Wardhana, Maulana Arya Wisnu (2025) IMPLEMENTASI METODE NAÏVE BAYES DENGAN SELEKSI FITUR CHI-SQUARE PADA ANALISIS SENTIMEN ULASAN PENGGUNA APLIKASI JASA EKSPEDISI (Studi Kasus : Lion Parcel). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2. Cover_123200138_Maulana Arya Wisnu Wardhana.pdf] Text
2. Cover_123200138_Maulana Arya Wisnu Wardhana.pdf

Download (946kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_123200138_Maulana Arya Wisnu Wardhana-halaman.pdf] Text
3. Abstrak_123200138_Maulana Arya Wisnu Wardhana-halaman.pdf

Download (740kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_123200138_Maulana Arya Wisnu Wardhana.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_123200138_Maulana Arya Wisnu Wardhana.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 5. Daftar isi_123200138_Maulana Arya Wisnu Wardhana.pdf] Text
5. Daftar isi_123200138_Maulana Arya Wisnu Wardhana.pdf

Download (882kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_123200138_Maulana Arya Wisnu Wardhana.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_123200138_Maulana Arya Wisnu Wardhana.pdf

Download (958kB)
[thumbnail of 1. Skripsi fulltext_123200138_Maulana Arya Wisnu Wardhana.pdf] Text
1. Skripsi fulltext_123200138_Maulana Arya Wisnu Wardhana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pesatnya perkembangan industri jasa ekspedisi menuntut perusahaan untuk
memahami kepuasan pelanggan guna meningkatkan kualitas layanan. Ulasan yang diberikan
oleh pengguna di platform digital seperti Google Play Store dapat menjadi sumber informasi
berharga dalam mengevaluasi layanan. Namun, jumlah ulasan yang besar membuat analisis
manual menjadi tidak efisien. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan sistem analisis sentimen otomatis guna mengklasifikasikan ulasan
pelanggan terkait layanan Lion Parcel secara lebih akurat dan efisien.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem analisis sentimen ulasan
pengguna Lion Parcel menggunakan kombinasi metode Naïve Bayes sebagai klasifikasi,
Chi-Square untuk seleksi fitur, dan TF-IDF sebagai pembobotan kata. Data yang digunakan
dalam penelitian ini diperoleh melalui scraping dari Google Play Store, dengan total 2.000
ulasan pengguna. Evaluasi model dilakukan dengan menggunakan metrik akurasi, precision,
recall, dan F1-score untuk mengukur performa sistem.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model yang dikembangkan mampu mencapai
akurasi sebesar 91,5%, dengan precision 82,91%, recall 94,93%, dan F1-score 88,5%.
Dengan tingkat akurasi yang tinggi, sistem ini dapat digunakan sebagai alat bantu dalam
memahami sentimen pelanggan secara otomatis dan memberikan wawasan yang lebih akurat
bagi perusahaan ekspedisi dalam meningkatkan layanan.
Kata kunci: Analisis Sentimen, Naïve Bayes, Chi-Square, TF-IDF, Jasa Ekspedisi, Lion
Parcel.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analisis Sentimen, Naïve Bayes, Chi-Square, TF-IDF, Jasa Ekspedisi, Lion Parcel.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: A.Md Eko Suprapti
Date Deposited: 10 Apr 2025 01:56
Last Modified: 10 Apr 2025 01:56
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42312

Actions (login required)

View Item View Item