Revanniciesa, Hemalia Ghatsa (2024) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @JOGJAFOODHUNTER TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI KULINER FOLLOWERS (Studi Penelitian Pada Generasi Z). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
![]() |
Text
Abstrak_153200167_Hemalia Ghatsa Revanniciesa.pdf Download (62kB) |
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN_153200167_Hemalia Ghatsa Revanniciesa.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN_153200167_Hemalia Ghatsa Revanniciesa.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI_153200167_Hemalia Ghatsa Revanniciesa.pdf Download (74kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA_153200167_Hemalia Ghatsa Revanniciesa.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
Skripsi Full Text_153200167_Hemalia Ghatsa Revanniciesa.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media
pencarian informasi melalui konten Instagram guna memenuhi kebutuhan informasi,
terutama kuliner. Dikarenakan perkembangan kuliner di Yogyakarta yang semakin
berkembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besaran pengaruh dari
pemanfaatan media sosial Instagram @jogjafoodhunter terhadap kebutuhan informasi
kuliner followers. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teori yang
digunakan use and gratification theory. Metode sampling yang digunakan adalah
purposive sampling dan accidental sampling. Teknik teknik pengumpulan data melalui
penyebaran kuesioner kepada 100 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan
terdapat korelasi yang kuat antara pemanfaatan media sosial Instagram dengan
kebutuhan informasi sebesar 0,617. Dari hasil uji hipotesis menunjukkan nilai
signifikansi sebesar 0,00 < 0,05. Sedangkan uji t menunjukkan nilai t hitung: 7,754 >
nilai t tabel: 1,661. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Ha diterima dan Ho
ditolak. Sementara, hasil R Square menunjukkan 0,380. Hasil dari penelitian ini, yakni
terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel pemanfaatan media sosial Instagram
@jogjafoodhunter terhadap pemenuhan kebutuhan informasi kuliner followers dengan
tingkat pengaruh sebesar 38%, sedangkan sisanya sebesar 62% dipengaruhi oleh
variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci: Pemanfaatan Media Sosial, Instagram, Kebutuhan informasi kuliner
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan Media Sosial, Instagram, Kebutuhan informasi kuliner |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 01:38 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 01:38 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42112 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |