Hidayati, Alifah Nurul (2024) ANALISIS SELF-DISCLOSURE PENGGUNA INSTAGRAM DENGAN FEED KOSONG KALANGAN GENERASI Z DI KABUPATEN KULON PROGO. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
2. Cover_153200025_Alifah Nurul Hidayati.pdf Download (118kB) |
|
Text
3. Abstrak_153200025_Alifah Nurul Hidayati.pdf Download (16kB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan_153200025_Alifah Nurul Hidayati.pdf Download (314kB) |
|
Text
5. Daftar Isi_153200025_Alifah Nurul Hidayati.pdf Download (25kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_153200025_Alifah Nurul Hidayati.pdf Download (18kB) |
|
Text
1. Skripsi Fulltext_153200025_Alifah Nurul Hidayati.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Instagram merupakan salah satu media sosial yang sering digunakan oleh masyarakat khususnya generasi Z saat ini. Beberapa tahun terakhir, terjadi pergeseran perilaku penggunaan Instagram pada generasi Z, hal ini memunculkan sebuah fenomena dalam Instagram yakni fenomena feed Instagram kosong pada generasi Z. Fenomena tersebut juga terjadi pada generasi Z di wilayah Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui self-disclosure yang dilakukan oleh generasi Z pemilik akun Instagram dengan feed kosong di Kabupaten Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan analisis dokumen. Penelitian ini menggunakan konsep self dari Luciano Floridi, self-disclosure dan teori manajemen privasi komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self�disclosure pada media sosial Instagram tidak bersifat seragam, akan tetapi ditemukan persamaan yang mana generasi Z cenderung mengelola diri mereka dengan membedakan persona publik dan pribadi melalui akun pertama dan akun kedua atau fitur publik dan fitur yang mendukung privasi (close friend dan direct message). Self-disclosure berjalan beriringan dengan manajemen privasi dan keduanya terjadi secara dialektis karena menyesuaikan level pengungkapan diri dan privasi yang dilakukannya. Cara generasi Z mengkonstruksi identitasnya mencerminkan strategi pengelolaan diri dalam menghadapi tantangan digital dan cara selektif dalam menjaga privasi yang dimilikinya.
Kata Kunci: diri (self), self-disclosure, generasi Z, Instagram, manajemen privasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | diri (self), self-disclosure, generasi Z, Instagram, manajemen privasi. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Bayu Setya Pambudi |
Date Deposited: | 02 Jan 2025 02:07 |
Last Modified: | 02 Jan 2025 02:07 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41951 |
Actions (login required)
View Item |