ANALISIS SELF-DISCLOSURE PENGGUNA INSTAGRAM DENGAN FEED KOSONG KALANGAN GENERASI Z DI KABUPATEN KULON PROGO

Hidayati, Alifah Nurul (2024) ANALISIS SELF-DISCLOSURE PENGGUNA INSTAGRAM DENGAN FEED KOSONG KALANGAN GENERASI Z DI KABUPATEN KULON PROGO. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2. Cover_153200025_Alifah Nurul Hidayati.pdf] Text
2. Cover_153200025_Alifah Nurul Hidayati.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_153200025_Alifah Nurul Hidayati.pdf] Text
3. Abstrak_153200025_Alifah Nurul Hidayati.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_153200025_Alifah Nurul Hidayati.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_153200025_Alifah Nurul Hidayati.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_153200025_Alifah Nurul Hidayati.pdf] Text
5. Daftar Isi_153200025_Alifah Nurul Hidayati.pdf

Download (25kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_153200025_Alifah Nurul Hidayati.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_153200025_Alifah Nurul Hidayati.pdf

Download (18kB)
[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_153200025_Alifah Nurul Hidayati.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_153200025_Alifah Nurul Hidayati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Instagram merupakan salah satu media sosial yang sering digunakan oleh masyarakat khususnya generasi Z saat ini. Beberapa tahun terakhir, terjadi pergeseran perilaku penggunaan Instagram pada generasi Z, hal ini memunculkan sebuah fenomena dalam Instagram yakni fenomena feed Instagram kosong pada generasi Z. Fenomena tersebut juga terjadi pada generasi Z di wilayah Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui self-disclosure yang dilakukan oleh generasi Z pemilik akun Instagram dengan feed kosong di Kabupaten Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan analisis dokumen. Penelitian ini menggunakan konsep self dari Luciano Floridi, self-disclosure dan teori manajemen privasi komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self�disclosure pada media sosial Instagram tidak bersifat seragam, akan tetapi ditemukan persamaan yang mana generasi Z cenderung mengelola diri mereka dengan membedakan persona publik dan pribadi melalui akun pertama dan akun kedua atau fitur publik dan fitur yang mendukung privasi (close friend dan direct message). Self-disclosure berjalan beriringan dengan manajemen privasi dan keduanya terjadi secara dialektis karena menyesuaikan level pengungkapan diri dan privasi yang dilakukannya. Cara generasi Z mengkonstruksi identitasnya mencerminkan strategi pengelolaan diri dalam menghadapi tantangan digital dan cara selektif dalam menjaga privasi yang dimilikinya.

Kata Kunci: diri (self), self-disclosure, generasi Z, Instagram, manajemen privasi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: diri (self), self-disclosure, generasi Z, Instagram, manajemen privasi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Bayu Setya Pambudi
Date Deposited: 02 Jan 2025 02:07
Last Modified: 02 Jan 2025 02:07
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41951

Actions (login required)

View Item View Item