EVALUASI KESUKSESAN PENERAPAN APLIKASI BOOKING ANTRIAN PERIKSA (BAPER) RSUD PANDAN ARANG BOYOLALI MENGGUNAKAN MODEL DELONE AND MCLEAN

PAKARTI, YASINDA ILMIA (2024) EVALUASI KESUKSESAN PENERAPAN APLIKASI BOOKING ANTRIAN PERIKSA (BAPER) RSUD PANDAN ARANG BOYOLALI MENGGUNAKAN MODEL DELONE AND MCLEAN. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2_Cover_124200002_Yasinda Ilmia Pakarti.pdf] Text
2_Cover_124200002_Yasinda Ilmia Pakarti.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3_Abstrak_124200002_Yasinda Ilmia Pakarti.pdf] Text
3_Abstrak_124200002_Yasinda Ilmia Pakarti.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 4_Halaman Pengesahan_124200002_Yasinda Ilmia Pakarti.pdf] Text
4_Halaman Pengesahan_124200002_Yasinda Ilmia Pakarti.pdf

Download (460kB)
[thumbnail of 5_Daftar Isi_124200002_Yasinda Ilmia Pakarti.pdf] Text
5_Daftar Isi_124200002_Yasinda Ilmia Pakarti.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 6_Daftar Pustaka_124200002_Yasinda Ilmia Pakarti.pdf] Text
6_Daftar Pustaka_124200002_Yasinda Ilmia Pakarti.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of 1_Skripsi Full_124200002_Yasinda Ilmia Pakarti.pdf] Text
1_Skripsi Full_124200002_Yasinda Ilmia Pakarti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Sebagai salah satu instansi yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan, rumah sakit diharuskan melakukan inovasi terhadap serangkaian proses pelayanan kesehatan dengan mengimplementasikan sistem pada pelayanan pendaftarannya seperti yang dilakukan oleh RSUD Pandan Arang Boyolali (Nastiti & Santoso, 2022). Aplikasi BAPER digunakan oleh pasien lama yang telah memiliki nomor rekam medik untuk mendapatkan nomor antrian pemeriksaan melalui sistem. Sedangkan untuk pasien baru tetap melakukan pendaftaran secara onsite di tempat pendaftaran periksa pasien rawat jalan (TPPPRJ) RSUD Pandan Arang Boyolali. Layanan ini sangat berguna bagi masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan rawat jalan, karena tidak perlu mengambil nomor antrian di lokasi dan bisa memantau nomor antrian melalui sistem secara real-time. Pasien yang sudah melakukan pendaftaran melalui aplikasi dan memiliki nomor antrian pemeriksaan akan didahulukan dan bisa langsung menuju poliklinik untuk menunggu pemeriksaan berikutnya dibandingkan dengan yang melakukan pendaftaran secara onsite.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model kesuksesan sistem informasi DeLone and McLean tahun 2003 karena terdapat variabel untuk mengukur kualitas informasi, kualitas sistem, dan kualitas layanan. Ketiga variabel tersebut akan menentukan niat untuk menggunakan dan kepuasan dari pengguna sistem informasi yang akan berdampak pada manfaat yang diperoleh dari diimplementasikannya sistem informasi. Penyebaran kuesioner dilakukan di RSUD Pandan Arang Boyolali melalui media sosial seperti instagram dan whatsApp sejak tanggal 5 September 2024 sampai dengan 19 Oktober 2024 dengan jumlah data keseluruhan yang terkumpul adalah 139 responden. Data penelitian didapatkan dari kuesioner yang telah diisi oleh para responden melalui google formulir dan dikumpulkan pada sebuah spreadsheet. Kemudian dilakukan tabulasi data untuk memudahkan pada proses pengujian menggunakan software smartPLS yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji path coefficient, uji T-statistics, uji R-square, dan uji Q�square.

Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, dari 9 hipotesis yang diajukan pada penelitian ini, 5 hipotesis diantaranya terbukti kebenarannya dan diterima, sedangkan 4 lainnya ditolak. Beberapa faktor yang mempengaruhi kesuksesan penerapan aplikasi BAPER dilihat dari hipotesis penelitian yang diterima (positif dan signifikan), diantaranya yaitu variabel information quality, system quality, service quality, intention to use, dan user satisfaction. Rekomendasi penelitian ditujukan kepada pihak RSUD Pandan Arang Boyolali bagai dasar pertimbangan pada pengembangan selanjutnya yaitu dengan memperhatikan aspek penting indikator penelitian pada setiap variabel yang memiliki nilai rata-rata paling kecil. Temuan ini menunjukkan bahwa aplikasi BAPER memiliki potensi untuk dianggap sukses, namun masih perlu dilakukan perbaikan pada beberapa faktor yang ditujukan kepada pengelola aplikasi BAPER maupun penelitian selanjutnya.

Kata kunci : Model DeLone and McLean, Aplikasi BAPER, Evaluasi Kesuksesan, smartPLS

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model DeLone and McLean, Aplikasi BAPER, Evaluasi Kesuksesan, smartPLS
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Bayu Setya Pambudi
Date Deposited: 04 Dec 2024 02:14
Last Modified: 04 Dec 2024 02:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41803

Actions (login required)

View Item View Item