HERERA, RENDY (2011) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA UNTUK MENINGKATKAN PENGUNJUNG DALAM PEMULIHAN PERIWISATA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PASCA ERUPSI MERAPI. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
abstract.pdf Download (10kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (20kB) |
|
Text
cover_warna_gembira_loka.pdf Download (611kB) |
|
Text
DAFTAR_ISI_GEMBIRA_LOKA.pdf Download (20kB) |
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA_GEMBIRA_LOKA.pdf Download (15kB) |
|
Text
pengesahan.pdf Download (8kB) |
|
Text
skripsiselesai_RENDY HERERA.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
xv
ABSTRAK
Kebun Binatang Gembira Loka adalah salah satu tempat kunjungan wisata
di Kota Yogyakarta. Pasca erupsi Merapi, Kebun Binatang Gembira Loka
mengalami penurunan pengunjung. Hal ini membuat Kebun Binatang Gembira
Loka harus menjalankan sebuah strategi untuk kelangsungan hidup Kebun
Binatang Gembira Loka. Sejak berdiri hingga saat ini pemasukan untuk
menghidupi lebih dari 35 Mamalia 34 Aves 9 Reptilia 14 pisces dan 174 spesies
flora di dapat hanya dengan pemasukan dari jumlah pengunjung tidak pernah
mendapatkan dana dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat, oleh sebab
itu kelangsungan hidup Kebun Binatang Gembira Loka tergantung dari jumlah
kedatangan pengunjung. Setelah penurunan pengunjung, Kebun Binatang
Gembira Loka melakukan beberapa tindakan untuk meningkatkan pengunjung,
dengan strategi komunikasi pemasaran
Tujuan dari penelitian ini adalah memahami strategi komunikasi
pemasaran Kebun Binatang Gembira Loka dalam usaha meningkatkan
pengunjung. Dalam penelitian ini, menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Subyek dalam penelitian ini terdiri dari Marketing dan Pengembangan Kebun
Binatang Gembira Loka dan beberapa pengunjung yang dipilih dengan teknik
acak. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, serta dokumentasi.
Hasil penelitian ditemukan oleh adalah oleh pimpinan dan staf Kebun
Binatang Gembira Loka dalam usaha meningkatkan pengunjung adalah bauran
promosi mencakup promosi penjualan, periklanan, kehumasan, penjualan
langsung, dan direct marketing. Dalam bauran promosi Kebun Binatang Gembira
Loka melaksanakan menyebarkan brosur, spanduk, baliho, billboard, dan
branding di Jass Taxi. Media tersebut digunakan pihak pemasaran dalam
mempromosikan Kebun Binatang Gembira Loka dianggap efektif karena dapat
langsung mengenai sasaran promosi. Promosi lain yang dilakukan Kebun Bintang
Gembira Loka adalah dengan iklan di koran, Kedaulatan Rakyat, Bernas, dan
Tribun.
Hasil penelitian juga menunjukan strategi komunikasi pemasaran di Kebun
Binatang Gembira Loka sangat besar manfaatnya karena Kebun Binatang
Gembira Loka mengalami peningkatan pengunjung. karena pembentukan rencana
yang matang dan di laksanakan dengan baik, kunci utama adalah divisi marketing
dan pengembangan yang berada di Kebun Binatang Gembira Loka yaitu humas,
pemasaran dan pengembangan, dan pendidikan selalu kompak dan solid. Selain
itu peneliti menilai dan melihat budaya perusahaan yang kekeluargaan dan
bawahan bekerja dan menjalankan program dengan baik pula. Beberapa
pengunjung sempat saya wawancarai baik itu berasal dari perorangan dan
rombongan, mereka menilai datang ke Kebun Binatang Gembira Loka karena efek
dari promosi yang gencar dilakukan oleh Kebun Binatang Gembira Loka seperti
spanduk, baliho, billboard, branding, maupun brosur yang tersebar. walaupun
mereka masih kecewa disisi sarana dan prasana. Tapi peneliti menilai itu semua
masih bertahap karena masih banyak wahana yang masih dalam tahap renovasi
sehingga belum memberi kepuasan kepada pengunjung.
Create PDF with GO2PDF for free, if you wish to remove this line, click here to buy Virtual PDF Printer
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 02:02 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 02:02 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41627 |
Actions (login required)
View Item |