PENGARUH KONTEN PEMASARAN DIGITAL LUXCRIME DI TIKTOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LUXCRIME (Studi Pada Pengikut Akun Tiktok @luxcrime_id)

Windrayani, Dina (2024) PENGARUH KONTEN PEMASARAN DIGITAL LUXCRIME DI TIKTOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LUXCRIME (Studi Pada Pengikut Akun Tiktok @luxcrime_id). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2. Cover_153180060_Dina Windrayani.pdf] Text
2. Cover_153180060_Dina Windrayani.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_153180060_Dina Windrayani.pdf] Text
3. Abstrak_153180060_Dina Windrayani.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_153180060_Dina Windrayani.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_153180060_Dina Windrayani.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_153180060_Dina Windrayani.pdf] Text
5. Daftar Isi_153180060_Dina Windrayani.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_153180060_Dina Windrayani.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_153180060_Dina Windrayani.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_153180060_Dina Windrayani.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_153180060_Dina Windrayani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Adanya Campaign Stay at Home mendukung adanya tren Glow-Up Challenge di
TikTok dan menyebabkan industri kosmetik mengalami pergeseran. TikTok yang
semula berperan sebagai media sosial menjadi media promosi berbagai merek
produk kecantikan. Akun TikTok @luxcrime_id menjadi salah satu akun yang
berkembang di masa pandemi lantaran beredarnya konten-konten transformasi
penampilan masyarakat yang menggunakan produk dari Luxcrime. Di sisi lain,
produk kecantikan dari merek lain pun turut mengembangkan promosinya di
TikTok. Tentunya hal ini menjadi tantangan bagi para pengusaha di bidang
kecantikan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh konten pemasaran
digital terhadap keputusan pembelian pada pengikut akun TikTok @luxcrime_id.
Teori yang digunakan yaitu Elaboration Likelihood Theory (Teori Kemungkinan
Elaborasi) dengan kerangka konsep berupa konten pemasaran digital, efek
penerimaan pesan, dan keputusan pembelian. Metode yang digunakan kuantitatif
dengan dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Pengambilan sampel
menggunakan purposive sampling. Perhitungan jumlah sampel menggunakan
rumus Slovin sehingga didapatkan 100 responden. Berdasarkan hasil perhitungan
korelasi product moment diketahui nilai korelasi 0,704 dengan nilai koefisiensi
0,000. Hasil perhitungan analisis regresi linier sederhana diperoleh nilai koefisiensi
sebesar 0,766 yang menunjukkan terdapat pengaruh positif antara konten
pemasaran digital terhadap keputusan pembelian. Penelitian menunjukkan bahwa
hasil uji signifikansi T sebesar 9,815 sehingga dapat dijelaskan bahwa Ho ditolak
dan Ha diterima. Nilai determinasi sebesar 0,496 yang menjelaskan bahwa terdapat
pengaruh antara konten pemasaran digital pada akun TikTok @lucrime_id terhadap
keputusan pembelian Luxcrime sebesar 49,6% melalui indikator konten pemasaran
digital; isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan.
Kata Kunci: Konten Pemasaran Digital, Keputusan Pembelian, Media Sosial TikTok

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Konten Pemasaran Digital, Keputusan Pembelian, Media Sosial TikTok
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Bayu Setya Pambudi
Date Deposited: 25 Oct 2024 01:36
Last Modified: 25 Oct 2024 01:36
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41485

Actions (login required)

View Item View Item