Sari, Aprilia Diani (2024) PENGARUH TOURIST EXPERIENCE DAN RECREATION BENEFIT TERHADAP TOURIST SATISFACTION SERTA DAMPAKNYA PADA REVISIT INTENTION (Studi pada Wisatawan yang Sedang Berkunjung ke Pantai Goa Cemara, Bantul, Yogyakarta). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
Abstrak_152200067_Aprilia Diani Sari.pdf Download (321kB) |
|
Text
Cover_152200067_Aprilia Diani Sari.pdf Download (154kB) |
|
Text
Daftar Isi_152200067_Aprilia Diani Sari.pdf Download (224kB) |
|
Text
Daftar Pustaka_152200067_Aprilia Diani Sari.pdf Download (339kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan_152200067_Aprilia Diani Sari.pdf Download (569kB) |
|
Text
Skripsi Fulltext_152200067_Aprilia Diani Sari.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
v
ABSTRAKSI
Aprilia Diani Sari, Nomor Induk Mahasiswa (152200067), Jurusan Ilmu
Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul penelitian “Pengaruh
Tourist Experience dan Recreation Benefit terhadap Tourist Satisfaction serta
dampaknya pada Revisit Intention (Studi pada wisatawan yang sedang berkunjung
ke Pantai Goa Cemara, Bantul, Yogyakarta)”. Pembimbing I Eny Endah
Pujiastuti.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Tourist Experience dan
Recreation Benefit terhadap Tourist Satisfaction serta dampaknya pada Revisit
Intention (Studi pada wisatawan yang sedang berkunjung ke Pantai Goa Cemara,
Bantul, Yogyakarta). Populasi penelitian ini adalah wisatawan yang sedang
melakukan kunjungan ke destinasi wisata Pantai Goa Cemara yang jumlah
populasinya tidak diketahui secara pasti. Penelitian ini menggunakan tipe
explanatory research dengan menggunakan metode kuantitatif. Sampel pada
penelitian ini adalah wisatawan yang baru pertama kali berkunjung ke Objek
Wisata Pantai Goa Cemara. Ukuran sampel dengan 138 responden didapatkan
dari perhitungan rumus Machin dan Cambell. Teknik sampling yang digunakan
adalah nonprobability sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis
statistik deskriptif dengan tabel dan persentasi, serta analisis statistik inferensial
menggunakan SEM AMOS, dan uji hipotesis menggunakan uji T dan Uji Sobel.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel tourist experience
berpengaruh signifikan terhadap tourist satisfaction, recreation benefit
berpengaruh signifikan terhadap tourist satisfaction, tourist experience
berpengaruh signifikan terhadap revisit intention, recreation benefit berpengaruh
signifikan terhadap revisit intention, tourist satisfaction berpengaruh signifikan
terhadap revisit intention, tourist experience berpengaruh signifikan terhadap
revisit intention melaui tourist satisfaction, recreation benefit berpengaruh
signifikan terhadap revisit intention melalui tourist satisfaction.
Berdasarkan hasil penelitian ini, Objek Wisata Pantai Goa Cemara
diharapkan mampu memberikan pengalaman wisata yang menarik serta manfaat
rekreasi yang positif kepada wisatawan agar dapat menumbuhkan rasa senang
selama kunjungan sehingga meningkatkan kepuasan wisatawan dan memunculkan
niat wisatawan untuk melakukan kunjungan kembali ke Pantai Goa Cemara.
Kata Kunci: Tourist Experience, Recreation Benefit, Tourist Satisfaction,
Revisit Intention
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tourist Experience, Recreation Benefit, Tourist Satisfaction, Revisit Intention |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 01:37 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 01:37 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41324 |
Actions (login required)
View Item |