HUTABARAT, MARIA OCTAVIA (2024) PERANCANGAN ULANG USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE LAYANAN INFORMASI ONLINE PADA WEBSITE HKBP YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN. Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
COVER MARIA OCTAVIA HUTABARAT.pdf Download (265kB) |
|
Text
ABSTRAK MARIA OCTAVIA HUTABARAT.pdf Download (236kB) |
|
Text
DAFTAR ISI MARIA OCTAVIA HUTABARAT.pdf Download (268kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA MARIA OCTAVIA HUTABARAT.pdf Download (183kB) |
|
Text
PENGESAHAN MARIA OCTAVIA HUTABARAT.pdf Download (477kB) |
|
Text
SKRIPSI FULLTEXT MARIA OCTAVIA HUTABARAT.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penggunaan website di dunia saat ini semakin berkembang sesuai dengan kebutuhan
pengguna dan detail perubahannya sejak awal aktivitasnya. Permasalahan yang sering
ditemui saat ini adalah pengguna merasa website yang mereka gunakan rumit sehingga
memerlukan bantuan orang lain untuk menggunakan website HKBP Yogyakarta, dan pada
website tersebut banyak sekali ketidakkonsistenan dalam tampilan desain. Penelitian ini
bertujuan untuk mendesain ulang User Interface (UI) dan User Experience (UX) baru pada
website HKBP Yogyakarta. Uji coba awal dilakukan, mengungkapkan beberapa masalah
antara lain: situs web sulit digunakan; pengguna memerlukan bantuan orang lain untuk
mengoperasikan situs web; situs web memiliki banyak ketidaksesuaian; pengguna
mengalami masalah situs web. Sebelum melakukan tes SUS, dilakukan wawancara dengan
Bernat W.P.M.Div. selaku ketua HKBP Yogyakarta pada tanggal 29 Mei 2024. Menurutnya,
tampilan website tersebut terlihat ketinggalan zaman dan tidak menarik. Jika dibandingkan
dengan HKBP lain yang memiliki user interface yang menarik serta menu yang tertata rapi
dan user-friendly, website ini tertinggal jauh.
Penelitian ini merancang antarmuka dan pengalaman pengguna website Layanan Informasi
HKBP Yogyakarta. Metodologi yang digunakan dalam perancangan ini adalah metodologi
User Centered Design (UCD). Metode ini dipilih karena pengguna dan pimpinan usaha
terlibat langsung dan dijadikan acuan dalam pembuatan desain, sehingga apa yang dibuat
sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna dan pimpinan usaha itu sendiri. Tahapan
dari UCD antara lain adalah: Understand context of use, specify user requiremnents, design
solution, and evaluate against requirements.
Tujuan dari penelitian ini adalah menggunakan pendekatan UCD untuk membuat prototype
user interface dan user interface rekomendasi website HKBP Yogyakarta. Proses UCD
terdiri dari beberapa tahapan besar untuk memastikan bahwa desain yang dihasilkan benar-
benar memenuhi kebutuhan pengguna. Wireframe dibuat berdasarkan penelitian dan
divalidasi melalui sesi brainstorming dengan peserta untuk memastikan desain memenuhi
preferensi dan kebutuhan pengguna. Evaluasi prototype menggunakan metode pengujian
memperoleh hasil SUS sebesar 89,5 dan hasil SEQ sebesar 6,2 dalam dua iterasi. Skor SUS
sebesar 89,5 pada skala Likert menunjukkan bahwa situs web tersebut dapat diterima,
dengan peringkat kata sifat "sangat baik" dan nilai B. Sebaliknya, skor SEQ sebesar 6,2
menunjukkan bahwa website Anda telah lulus tes SEQ karena memenuhi skor minimum 5,5.
Kata Kunci: User Interface, User Experience, System Usability Scale, User Centered
Design, Single Ease Question
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | User Interface, User Experience, System Usability Scale, User Centered Design, Single Ease Question |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 02:35 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 02:35 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41289 |
Actions (login required)
View Item |