IDENTIFIKASI VARIABEL YANG MEMENGARUHI SIKAP DAN MINAT BELI KONSUMEN TEHADAP GREEN PRODUCT (Studi Kasus Konsumen di Daerah Istimewa Yogyakarta)

ALYFAKHRY D R S, NURHADISTYA (2024) IDENTIFIKASI VARIABEL YANG MEMENGARUHI SIKAP DAN MINAT BELI KONSUMEN TEHADAP GREEN PRODUCT (Studi Kasus Konsumen di Daerah Istimewa Yogyakarta). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2. Cover_122200140_Nurhadistya Alyfakhry.pdf] Text
2. Cover_122200140_Nurhadistya Alyfakhry.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_122200140_Nurhadistya Alyfakhry.pdf] Text
3. Abstrak_122200140_Nurhadistya Alyfakhry.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_122200140_Nurhadistya Alyfakhry.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_122200140_Nurhadistya Alyfakhry.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_122200140_Nurhadistya Alyfakhry.pdf] Text
5. Daftar Isi_122200140_Nurhadistya Alyfakhry.pdf

Download (23kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_122200140_Nurhadistya Alyfakhry.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_122200140_Nurhadistya Alyfakhry.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of NURHADISTYA ALYFAKHRY D R S.pdf] Text
NURHADISTYA ALYFAKHRY D R S.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

xii
ABSTRAK
Green product (produk ramah lingkungan) kini semakin digemari untuk
digunakan dan menarik minat konsumen untuk menggantikan penggunaan produk
sekali pakai atau produk yang terbuat dari plastik. Memahami perilaku konsumen
terkait sikap dan minat menggunakan green product menjadi satu hal penting bagi
produsen untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dan efisien.
Hal tersebut dilakukan dengan maksud untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan
keinginan konsumen, sehingga dapat meningkatkan penjualan green product yang
dihasilkan perusahaan dalam industri manufaktur ramah lingkungan (green
manufacturing). Selain itu, dengan memahami perilaku konsumen terhadap green
product memungkinkan perusahaan untuk melakukan inovasi dalam desain produk,
pemilihan bahan, dan proses produksi yang lebih ramah lingkungan agar dapat
meningkatkan daya saing green product di pasar.
Berdasarkan dari Teori Attitude Behavior Context (ABC theory) bahwa teori
tersebut menekankan jika seseorang yang memiliki minat akan suatu hal berasal
dari dua faktor, yaitu faktor internal yang berasal dari batin atau dalam diri masing-
masing dan faktor eksternal yang berasal dari luar diri seseorang. Kedua faktor dari
teori ABC dikaitkan untuk dijadikan variabel dalam penelitian ini, yaitu kesadaran
lingkungan dan pengetahuan lingkungan sebagai faktor internal, serta persepsi eco-
inovasi, persepsi green product, dan pengaruh interpersonal sebagai faktor
eksternal. Penelitian ini dilakukan di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan
masyarakat yang berada di Yogyakarta yang ingin atau pernah menggunakan green
product sebagai responden untuk dijadikan data primer dari penelitian ini. Metode
analisis pada penelitian ini menggunakan Partial Least Squares Structural
Equation Modeling (PLS-SEM) dengan SmartPLS 4 sebagai aplikasi olah data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran lingkungan, persepsi eco
inovasi, dan persepsi green product memengaruhi sikap terhadap green product,
sedangkan pengetahuan lingkungan dan pengaruh interpersonal tidak memengaruhi
sikap pada green product. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa sikap pada
green product memengaruhi minat konsumen untuk membeli green product dan
persepsi kebutuhan konsumen akan produk tidak memengaruhi sikap terhadap
minat konsumen membeli green product. Hasil dari penelitian dapat digunakan
untuk memberikan implikasi pada manajerial perusahaan bahwa konsumen yang
sadar atau peduli pada lingkungan tentunya akan memilih green product yang
memiliki jaminan kesehatan dan keamanan. Perusahaan harus jeli menawarkan
green product dengan inovasi produk yang mengarah pada penggunaan produk-
produk alternatif yang ramah lingkungan, dimulai dari bahan yang digunakan,
proses yang dilakukan, hingga kemasan yang ramah lingkungan
Kata Kunci: Green product; Sikap Konsumen; Minat Beli; Faktor Internal;
Faktor Eksternal
xiii
Identify Variables That Influence Attitudes And Interest In Consumer
Purchase Towards Green Products
ABSTRACT
Green products (environmentally friendly products) are now increasingly
popular to use and attract consumer interest in replacing the use of single-use
products or products made from plastic. Understanding consumer behavior
regarding attitudes and interest in using green products is important for producers
to develop more effective and efficient marketing strategies. This is done with the
aim of adapting to the needs and desires of consumers, so as to increase sales of
green products produced by companies in the environmentally friendly
manufacturing industry (green manufacturing). In addition, understanding
consumer behavior towards green products allows companies to innovate in
product design, material selection and production processes that are more
environmentally friendly in order to increase the competitiveness of green products
in the market.
Based on the Attitude Behavior Context Theory (ABC theory), this theory
emphasizes that a person's interest in something comes from two factors, namely
internal factors that come from the mind or within each person and external factors
that come from outside a person. The two factors from ABC theory are linked to
become variables in this research, namely environmental awareness and
environmental knowledge as internal factors, as well as perceptions of eco-
innovation, perceptions of green products, and interpersonal influence as external
factors. This research was conducted in the Special Region of Yogyakarta with
people in Yogyakarta who want to or have used green products as respondents to
serve as primary data for this research. The analysis method in this research uses
Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) with SmartPLS 4
as a data processing application.
The research results show that environmental awareness, perceptions of eco
innovation, and perceptions of green products influence attitudes towards green
products, while environmental knowledge and interpersonal influence do not
influence attitudes towards green products. The research results also show that
attitudes towards green products influence consumers' interest in buying green
products and consumers' perceived need for the product does not influence attitudes
towards consumers' interest in buying green products. The results of the research
can be used to provide implications for company management that consumers who
are aware or care about the environment will of course choose green products that
have health and safety guarantees. Companies must be smart in offering green
products with product innovation that leads to the use of environmentally friendly
alternative products, starting from the materials used, the processes carried out, to
environmentally friendly packaging.
Keywords: Green Product; Consumer Attitudes; Intention to Purchase;
Internal Factors; External Factors

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Green Product; Consumer Attitudes; Intention to Purchase; Internal Factors; External Factors
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 23 Sep 2024 01:49
Last Modified: 23 Sep 2024 01:49
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41244

Actions (login required)

View Item View Item