NURROHMA, RADIKA SIWI (2024) USULAN PERBAIKAN KUALITAS LAYANAN INSTALASI RAWAT INAP DENGAN MENGINTEGRASIKAN METODE FUZZY KANO MODEL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (Studi Kasus RSUD Kabupaten Klaten). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
1. Skripsi Fulltext_122200109_Radika Siwi Nurrohma.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
2. Cover_122200109_Radika Siwi Nurrohma.pdf Download (123kB) |
|
Text
3. ABSTRAK_122200109_Radika Siwi Nurrohma.pdf Download (64kB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan_122200109_Radika Siwi Nurrohma.pdf Download (333kB) |
|
Text
5. Daftar isi_122200109_Radika Siwi Nurrohma.pdf Download (89kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_122200109_Radika Siwi Nurrohma.pdf Download (190kB) |
Abstract
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bagas Waras merupakan salah satu
rumah sakit milik daerah yang ada di Kabupaten Klaten. Rumah sakit ini beroperasi
sejak tahun 2015. Berdasarkan data survey kepuasan pelanggan yang dilakukan
pada periode April-Juni 2023 oleh RSUD. Bagas Waras menghasilkan indeks
kepuasan pasien untuk isntalasi rawat inap adalah sebesar 82,05 yang termasuk
dalam kategori baik. Meski begitu masih terdapat keluhan pasien karena belum
adanya rekomendasi perbaikan dari hasil kepuasan pelanggan. Keluhan yang sering
terjadi berupa perawat yang kurang cekatan dalam menanggapi masalah pasien dan
fasilitas ruag perawatan kurang lengkap. Permasalahan pada layanan yang
menyebabkan adanya keluhan pada konsumen dapat berdampak pada kepuasan
pasien dimana baik buruknya kepuasan berhubungan langsung dengan baik
buruknya kualitas pelayanan yang diberikan.
Penelitian ini dilakukan untuk membantu perusahaan untuk menentukan
atribut layanan yang memerlukan perbaikan agar dapat menjadi dasar untuk
perbaikan kualitas layanan selanjutnya. Pada penelitian ini dilakukan pengukuran
kualitas layanan dengan mengintegrasikan fuzzy kano model dan Importance
Performance Analysis (IPA) yang digunakan untuk menentukan atribut yang
menjadi prioritas perbaikan. Indikator kualitas yang digunakan dipilih berdasarkan
kondisi dan permasalahan yang terjadi di rumah sakit. Setelah diketahui atribut
pelayanan yang perlu diperbaiki selanjutnya dilakukan perancangan usulan
perbaikan.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan mendapatkan kesimpulan bahwa
atribut yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat inap RSUD. Bagas
Waras adalah kebersihan toilet bangsal, kelengkapan ruang perawatan, dan
kecekatanan perawat dalam menangani masalah pasien. Menurut hasil perhitungan
tingkat kesesuaian, atribut yang memiliki persentase tingkat kesesuaian paling
rendah merupakan atribut yang menjadi prioritas utama perbaikan. Atribut dengan
persentase tingkat kesesuaian terendah adalah atribut kebersihan toilet bangsal
dengan nilai 76%. Dari hasil tersebut maka usulan perbaikan yang dapat diberikan
adalah menambah frekuensi pembersihan kamar mandi, membuat checklist form
sebagai alat untuk melakukan monitoring, membuat jadwal rutin pembagian tugas
bagi setiap petugas kebersihan secara tertulis dan menambah jumlah tenaga
kebersihan.
Kata Kunci : Kualitas, IPA, Kano, Fuzzy, Perbaikan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas, IPA, Kano, Fuzzy, Perbaikan |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 04:19 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 04:19 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41217 |
Actions (login required)
View Item |