STUDI KUALITATIF DESKRIPTIF TENTANG PERSEPSI GENERASI Z TERHADAP PENGGUNAAN KEBAYA SEBAGAI PAKAIAN SEHARI-HARI

Dea, Windi Ayu (2024) STUDI KUALITATIF DESKRIPTIF TENTANG PERSEPSI GENERASI Z TERHADAP PENGGUNAAN KEBAYA SEBAGAI PAKAIAN SEHARI-HARI. Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2. Cover_153200078_Windi Ayu Dea.pdf] Text
2. Cover_153200078_Windi Ayu Dea.pdf

Download (432kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_153200078_Windi Ayu Dea.pdf] Text
3. Abstrak_153200078_Windi Ayu Dea.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_153200078_Windi Ayu Dea.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_153200078_Windi Ayu Dea.pdf

Download (817kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_153200078_Windi Ayu Dea.pdf] Text
5. Daftar Isi_153200078_Windi Ayu Dea.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_153200078_Windi Ayu Dea.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_153200078_Windi Ayu Dea.pdf

Download (421kB)
[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_153200078_Windi Ayu Dea.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_153200078_Windi Ayu Dea.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan kebaya sebagai pakaian sehari-hari kini semakin populer di kalangan
Generasi Z. Sebelumnya, kebaya hanya diasosiasikan sebagai busana untuk acaraacara
formal
atau
adat
istiadat.
Namun,
kini
telah
mengalami
evolusi
menjadi
salah

satu
busana
yang
dikenakan
sehari-hari
bagi
anak
muda.
Hal
tersebut
tidak
lepas

dari
adanya
intervensi
atau
kebijakan
pemerintah
dan
juga
campur
tangan
media

sosial
dalam
menyebarkan
tren
berkebaya
tersebut.
Penelitian
ini
bertujuan
untuk

mendeskripsikan

mengenai faktor-faktor serta pemahaman makna mengenai
penggunaan kebaya sebagai pakaian sehari-hari oleh Generasi Z. Metode penelitian
yang digunakan adalah kualitatif deskriptif Teknik pengumpulan data melalui
wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui
tiga tahap yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa kebaya yang dulunya dianggap sebagai pakaian
tradisional yang kaku atau ekslusif dan hanya digunakan pada acara formal, kini
telah menjadi bagian integral dari gaya hidup sehari-hari Generasi Z yang lebih
inklusif. Selain sebagai bentuk fashion, kebaya telah bertransformasi menjadi
barang yang bernilai ekonomis. Transformasi ini didorong oleh berbagai faktor
internal, seperti sikap, pengalaman, kepribadian, konsep diri, motif, dan persepsi,
serta faktor eksternal seperti pengaruh keluarga, kelas sosial, dan kelompok
referensi. Melalui fenomena ini dapat dilihat bahwa kebaya telah menjadi medan
pertemuan antara pelestarian budaya dan inovasi, antara identitas tradisional dan
modern.

Kata Kunci: Kebaya, Generasi Z, Fashion, Gaya Hidup

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kebaya, Generasi Z, Fashion, Gaya Hidup
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Bayu Setya Pambudi
Date Deposited: 03 Sep 2024 06:25
Last Modified: 03 Sep 2024 06:25
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40958

Actions (login required)

View Item View Item