ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP) (Studi Kasus Pada Minimarket Hansjaya)

Rheta, Vania Azura (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP) (Studi Kasus Pada Minimarket Hansjaya). Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of SKRIPSI FULLTEXT_152200079_VANIA AZURA RHETA.pdf] Text
SKRIPSI FULLTEXT_152200079_VANIA AZURA RHETA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of ABSTRAK_152200079_VANIA AZURA RHETA.pdf] Text
ABSTRAK_152200079_VANIA AZURA RHETA.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of COVER_152200079_VANIA AZURA RHETA.pdf] Text
COVER_152200079_VANIA AZURA RHETA.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI_152200079_VANIA AZURA RHETA.pdf] Text
DAFTAR ISI_152200079_VANIA AZURA RHETA.pdf

Download (19kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_152200079_VANIA AZURA RHETA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_152200079_VANIA AZURA RHETA.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN_152200079_VANIA AZURA RHETA.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN_152200079_VANIA AZURA RHETA.pdf

Download (583kB)

Abstract

Minimarket mengalami perkembangan yang pesat seiring dengan
meningkatnya urbanisai dan perubahan gaya hidup masyarakat. Pertumbuhan ini
didorong oleh permintaan konsumen yang semakin tinggi akan kenyamanan dan
ketersediaan produk sehari-hari. Minimarket Hansjaya, minimarket ini dulunya
adalah warung kelontong yang berdiri tahun 2001 dan perlahan berkembang
mengikuti perkembangan jaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
alternatif strategi pemasaran yang tepat untuk Minimarket Hansjaya dengan
menggunakan matriks SWOT dan Analytical Network Process.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara, dan kuesioner. Jumlah informan
penelitian sebanyak 8 (delapan) orang informan. Objek penelitian ini adalah
Minimarket Hansjaya. Teknik analisis menggunakan Teknik formulasi strategi,
pada tahap input menggunakan matriks IFE dan EFE, tahap pencocokan
menggunakan matriks SWOT, dan tahap terakhir yaitu keputusan menggunakan
Analytical Network Process (ANP).
Hasil dari penelitian ini berdasarkan perhitungan matriks IFE dan EFE
menunjukkan posisi perusahaan pada kuadran I (satu) yang mengindikasikan
strategi dalam tindakan yang perlu diambil oleh perusahaan adalah strategi agresif
(penetrasi pasar, pengembangan pasar, pengembangan produk). Matriks SWOT
menghasilkan 8 (delapan) rekomendasi strategi yang terdiri dari 3 SO (strength-
opportunity), 2 WO (weakness-opportunity), 2 ST (strenght-threat), 1, WT
(weakness-threat). Berdasarkan hal tersebut dihasilkan 1 alteratif strategi
pemasaran yang tepat menggunakan ANP yaitu penetrasi pasar (SO).
Kata Kunci : Manajemen Strategi, Strategi Pemasaran, Matriks SWOT, ANP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi, Strategi Pemasaran, Matriks SWOT, ANP.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 29 Aug 2024 03:49
Last Modified: 29 Aug 2024 03:49
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40882

Actions (login required)

View Item View Item